in

Trik Terlihat Profesional Saat Interview Kerja, Terutama Bagi Kalian yang Fresh Graduate

Wawancara bisa sangat menegangkan, terutama ketika kamu tidak tahu apa yang diharapkan. Jangan sengaja mengacaukan interview berikutnya dengan tidak siap, atau membuat kesalahan kecil lainnya yang bisa dihindari. Kesan saat interview atau wawancara itu sangat penting, karena itu bisa menentukan diterima kerja atau tidak. Kamu harus terlihat profesional saat wawancara berlangsung. Namun untuk itu, bukan suatu hal yang mudah, terlebih kamu yang baru lulus.

Untuk mendapat pekerjaan cukup sulit, sehingga ketika kamu mendapatkan panggilan wawancara, haruslah dipersiapkan sebaik mungkin. Kamu harus bisa meyakinkan pihak HRD sejak pertama kali bertemu. Nah, berikut adalah  trik wawancara kerja yang akan membuat kamu terlihat sangat profesional dalam waktu terbatas.

1. Datang lebih awal

Meskipun kamu tahu bahwa muncul lebih awal adalah kunci utama untuk kesuksesan wawancara, tapi banyak dari kamu masih tidak menyisihkan cukup waktu untuk melakukannya. Pastikan bahwa kamu tiba dikantor 10 menit sebelum wawancara atau inteview dimulai.

Tak hanya soal persiapan diri saja, melainkan juga tentang keseriusan kamu dalam bekerja. Dengan datang lebih awal, menunjukkan bahwa kamu sangat serius ingin bekerja. Pada akhirnya membuat dirimu lebih tenang dan siap saat menjalani interview.

2. Jangan abaikan kekuatan senyum

Senyum dapat menimbulkan rasa percaya diri serta mengesankan bahwa kamu ramah. Ketika kamu masuk ke sebuah kantor, jangan lupa untuk tersenyum. Sapa customer servis dengan baik dan katakan keinginanmu dengan sopan. Sebelum wawancara dimulai, pasang senyum semanis mungkin pada HRD. Tapi, jangan senyum-senyum tidak jelas, nanti bisa dikira kamu stres.

3. Siapkan pakaian sebaik mungkin

Kamu harus mengenakan pakaian yang sopan dan rapi atau sesuai persyaratan yang diberikan. Hindari memakai aksesoris berlebihan, apalagi yang bisa mengganggu interview kamu. Tata rambut dengan rapi, sepatu kinclong, make up natural dan lain sebagainya. Kamu harus menunjukkan bahwa kamu siap bekerja saat itu.

4. Tempatkan ponsel dalam mode senyap

Sebenarnya tidak ada yang lebih tidak profesional daripada telepon berdering, berdengung, atau berbunyi selama wawancara. Namun, ketika telepon berdering bisa membuyarkan konsentrasi kamu dan itu juga bisa menjadi nilai minus pada dirimu.

5. Ajukan pertanyaan

Melakukan sedikit riset awal tentang perusahaan atau posisi yang kamu, dapat membuat HRD memberikan kesan bahwa kamu berpengetahuan luas dan minat kamu besar ingin bekerja di perusahaan. Jika kamu memiliki pertanyaan untuk diajukan, maka ajukan saja. Pengetahuan kamu pasti akan dibaca sebagai kesiapan bekerja.

6. Ingat semua yang kamu butuhkan

Meskipun tidak setiap wawancara membutuhkan CV, tapi beberapa perusahaan memerlukannya. Dan, jika kamu tidak membawanya, itu pasti mencerminkan keburukan diri kamu. Ingatlah untuk membawa apa pun yang mungkin kamu perlukan selama wawancara seperti CV, portofolio, laptop, dll.

7. Jangan membicarakan Hal Buruk dengan Tim HRD atau bos selama atau sebelum interview

Hindari mengutarakan hal buruk tentang tempat kerja atau bos saat wawancara. Jaga ucapan kamu walaupun itu hanya bercanda. Seburuk apapun tempat kerja atau bos maupun tim HRD, tak usah dibahas, baik itu sebelum maupun selama interview.

Lebih baik persiapkan saja dirimu untuk menghadapi interview supaya diterima kerja nanti. Selain itu, bagi kamu yang sudah bekerja di tempat sebelumnya, jangan menjelek-jelekkan bos atau tempat kerja sebelumnya. Sebab, itu menambah penilaian buruk terhadap kamu.

8. Pertahankan sikap yang baik

Tidak peduli seberapa lelah, kesal, atau stres kamu, penting untuk mengesampingkannya ketika sedang wawancara. Ini menunjukkan kemampuan kamu untuk mengendalikan emosi. Jika itu berhasil kamu lakukan, tim HRD bisa mengetahui seberapa besar mampu menerapkan ketrampilan mengolah emosi kamu itu di lingkungan kerja. Sikap seperti itu menambah nilai plus bagi kamu.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanda Pacar Kamu Belum Bisa Lupain Mantan

Tanda Pacar Kamu Belum Bisa Lupain Mantan

Alasan Mengapa Hubungan Cinta Harus Menjadi Prioritas Utama Kamu