in ,

5 Tips Hidup Sukses Ala Ksatria Samurai

tips sukses ala samurai

Warwir.com – Kamu pasti sudah tahu dan mengenal istilah samurai bukan? Salah satu sosok yang kita kenal dari berbagai karya film ini adalah salah satu sosok real yang pernah eksis pada masanya. tahun 790an masehi hingga 1180an masehi adalah zaman keemasannya para kesatria samurai. Kala itu, mereka mendapat kehormatan sebagai pengawal inti para gubernur di masa kekaisaran Jepang.

Kelompok samurai dikenal denagn keteguhan jiwanya yang sangat kokoh. Jika sudah terjun ke pertempuran, tak ada kata lain dalam hidupnya selain ‘menang’. Kalah adalah kematian menurut para samurai. Jadi meskipun mereka masih hidup, jika dalam pertempuran mereka mengalami kekalahan, para samurai pun akan mengakhiri dirinya sendiri.

Gambaran dari karakter seorang ksatria samurai ini dapat kamu jadikan sebagai bahan perenungan, serta motivasi yang ampuh untuk meraih hidup sukses. Penasaran denagn tips hidup sukses ala samurai ini? Simak berikut ini.

Tips Sukses Ala Samurai

Di dalam komunitas samurai, mereka mengenal yang namanya Bushido. Bushido sendiri adalah satu hukum yang akan menjadi satu pengendali hidup para ksatria samurai. Mulai dari kewajibannya sebagai seorang ksatria, perilaku dikehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, hingga membahas tentang kematian yang bermartabat bagi para samurai.

Dari beberapa aspek kehidupan seorang samurai, beberapa poin penting ini sangat bagus jika kamu tiru dalam usaha menggapai impian.

1. Mati adalah Tahapan Lulus Belajar

Selama ini pasti kita sudah tak asing lagi dengan ungkapan pepatah,”tuntutlah ilmu sejak dari buaian, hingga sampai liang lahat.” Konsep ini ternyata juga sangat dijunjung tinggi oleh para samurai. Mereka sangat mengagungkan metode belajar seumur hidup. Para samurai yakin, bahwa ilmu adalah senjata yang paling penting, bahkan lebih penting dari pedang.

Seberapapun tajamnya pedang yang mereka gunakan, jika keahlian pedang mereka tak cukup untuk menyaingi kekuatan musuh, maka pedang yang dibawanya tak berarti apa-apa, melainkan hanya seperti sebuah hiasan pelengkap busana saja.

Bagi para kesatria samurai, ilmu adalah sesuatu yang mudah didapatkan. Namun, bagian yang tersulit adalah justru ketika ilmu tersebut sudah digenggaman tangan. Bagaimana memahami ilmu tersebut, mengembangkannya dan menerapkan pada kehidupan mereka itu yang lebih penting, dan tak akan pernah selesai sampai kapanpun.

Mirip kayak falsafah Jawa ya guys! “Ngelmu iku angele yen wis ketemu!”

2. Teliti Untuk Setiap Hal Sampai yang Terkecil

Seorang tokoh legenda samurai yang hidup di abad keempat belas di Jepang, yakni Musashi Miyamoto, mengungkapkan pendapatnya dalam sebuah karya sastra kuno samurai.

Disana ia bercerita bahwa memperhatikan secara detail walaupun hanya untuk satu hal-hal yang sepele/kecil penting untuk dilakukan oleh para ksatria samurai. Karena, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada hasil pertarungan yang mereka hadapi.

Bahkan pada praktek keseharian mereka, para samurai akan bersikap biasa ketika berhadapan dengan satu hal yang besar. Sebaliknya mereka akan selalu waspada memperhatikan yang kecil.

Begitupun denagn perjalanan untuk meraih kesuksesan. Kebanyakan orang yang gagal adalah mereka yang menyepelekan hal-hal yang terlihat sepele.

3. Berintegeritas Tinggi

Integeritas berkaitan erat denagn sifat serta kualitas kepribadian seseorang. Bagi samurai, jiwa kesatria yang jujur, tegas, dan apa adanya adalah satu yang harus ditanakan sedalam-dalamnya dalam diri.

Sebuah buku berjudul Bushido : The Soul of Japan, karya Natobe Inazo, mengungkapkan bahwa keadilan adalah kode etik mutlak yang harus dipatuhi oleh para samurai.

Keadilan adalah modal awal untuk kamu yang ingin meraih sukses. Keadilan adalah satu kata dengan berjuta makna. Adil bagi diri sendiri, adil bagi orang lain, adil untuk apapun akan mehasilkan satu bibit yang akan tumbuh menjadi sikap yang jujur, tanggung jawab, dan berpendiriian teguh.

4. Kesetiaan

Ksatria Samurai dikenal sebagai sosok seorang prajurit yang sangat setia kepada atasannya. Ketika sedangang bertugas, jiwa mereka seakan-akan kosong, yang ada hanyalah perintah Kaisar yang telah terprogram dalam otaknya.

Kamu yang igin sukses dalam hidup hendaknya meniru sifat setia para samurai. Setia disini yang dimaksud adalah konsisten, berprinsip teguh, istiqomah! Jalankan apa yang kamu bisa, percaya diri dan kosisten adalah salah satu kunci bagi kejayaan hidupmu.

5. Menyerah Setelah Mati

Dalam kata lain, seorang samurai memiliki semangat yang tinggi untuk menang. Semangat ini tak akan mampu tergoyahkan oleh apapun, kecuali hanya satu, kematian!

Bagi samurai semangat dan pedang adalah dua item yang sangat penting. Begitu juga bagi kamu yang ingi segera sukses! Jadikan semangat dan doa menjadi senjatamu untuk meraih hidup sukses.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pasar paling aneh di dunia

Bukan Pasar Malem, Inilah Pasar Paling Aneh Khusus Para Jomblo

cewek perhatian

Kenali 5 Ciri Cewek Naksir Kamu Ini Mblo! Biar Gak Ngenes Terus