in

Tips Mendinginkan Kamar Tanpa AC, Emang Bisa?

tips mendinginkan kamar

Warwir.com – Kamar harusnya menjadi tempat ternyaman di dalam rumah. Semua aktivitas pribadi kita lakukan di tempat ini. Mulai dari beristirahat hingga belajar dan berkarya. Dari dalam kamar, bagi kamu seorang seniman pasti juga merupakan satu lokasi yang sudah banyak membantu kamu menemukan berbagai inspirasi.

Tapi bagaimana jadinya kalau udara di kamarmu engap dan panas? Jangankan untuk cari ide, untuk istirahat saja tentu sudah sangat tidak nyaman. Akhirnya kualitas tidur menjadi terganggu, yang efeknya juga akan mem pengaruhi kesehatan.

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa gerah di dalam kamar adalah denagn memasang AC, tapi tidak semua orang mampu untuk memiliki AC. Baik karena masalah tegangan listrik yang tak memadai, atau karena alasan yang lain. Nah, untuk itu baiknya kamu coba tips mendinginkan kamar tanpa AC dari Warwir berikut ini, siapa tahu membantu! ya kan?

Tips Mendinginkan Kamar Tanpa AC

1. Pasang Kipas Angin

Solusi pertama untuk pengganti AC adalah kipas angin. Tentu saja kamu pasti setuju! Selain harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan AC, kipas angin juga tidak terlalu banyak memakan daya listrik.

Kipas angin juga terbilang sangat praktis, terutama untuk kamu yang masih nge-kost. Misal suatu hari kamu mau pindah kost, gak repot kan harus bongkar pasang AC. So, tinggal angkat aja kipasnya.

2. Menutup Tirai atau Kelambu

Kenali sebab hawa panas yang masuk ke kamarmu, kalau panasnya karena sinar matahari mungkin sementara kamu bisa menutup tirai kamarmu yang mengarah keluar. Menutup tirai berguna agar sinar matahari yang masuk ke kamar terhalang.

3. Pel Lantai Kamar

Jangan bilang cara ini gak ngefek ya! Meskipun kelihatannya sepele, mengepel kamar ini sangat ampuh dan banyak manfaatnya loh! Selain kamarmu jadi bersih, hawa sejuk yang berasal dari air pel-pelan akan memabntu menurunkan panasnya suhu udara di dalam kamar kamu.

Kalau masih saja panas, kamu juga bisa tiduran di lantai. Toh lantainya kan sudah bersih karena baru dipel.

4. Ganti Sprei Dengan Kain yang Adem

Pemilihan kain untuk sprei yang salah terkadang juga bisa menjadi membuat kamu merasa kegerahan saat berada di kamar. Nah, agar terasa lebih adem, coba kamu mengganti sprei dengan sprei lain yang menggunakan jenis kain Viscose atau kain rayon. Kain-kain jenis ini akan terasa sejuk dan adem di kulit

5. Bersihkan Kamar

Kamar yang berantakan ini juga bisa membuat kamu merasa sumpek loh. Selain itu, kamar yang berantakan juga tidak baik untuk kesehatan.

Belum lagi jika rumah kamu di daerah pedesaan yang banyak dengan dengan kebun, sawah atau kali. Di daerah seperti itu rawan ada hewan atau serangga liar yang masuk ke dalam rumah. Jika di kamarmu banyak pakaian menumpuk, atau barang-barang yang tersimpan tak rapi ada resiko hewan atau serangga berbahaya akan sembunyi di situ.

Nah, maka dari itu bereskan semua barang yang memenuhi ruangan kamarmu. Mungkin dengan cara ini kamu tak akan lagi merasa pengap di dalam kamar.

6. Matikan Lampu

Meskipun ukurannya kecil, lampu juga termasuk salah satu sumber panas udara loh! Gak percaya? Coba kamu matikan lampu kamarmu, pasti hawanya udah langsung beda.

7. Buat AC Alternatif

Siapa bilang kita tidak bisa bikin AC sendiri. Cara ini perlu kamu coba jika semua tips mendinginkan ruangan diatas belum ada yang berhasil. Cara yang satu ini sangatlah praktis, mudah, dan murah tentunya.

Yang perlu kamu siapkan hanya Gelas, esbatu, garam dan satu perangkat kipas angin. Masukkan esbatu ke dalam gelas, lalu taruh di depan kipas yang menyala dengan kecepatan yang rendah. Maka, hawa dingin dari es batu akan menyebar karena dihembuskan oleh angin yang keluar dari mesin kipas.

Nah, dari tips mendinginkan kamar tanpa AC diatas jika memang ternyata kamu masih merasa kegerahan. Coba ingat-ingat dulu, apakah kamu sudah mandi tadi pagi? Kalau belum, berarti itu masalahnya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu Difitnah? Tenang dan Praktekkan 7 Tips Menghadapi Fitnah

Tips Menjaga Konsentrasi

5 Tips Ampuh! Cara Menjaga Konsentrasi dan Anti Gagal Fokus