in

STOP! Jangan Minum Air Putih Ketika Dalam Kondisi Seperti Ini

atop minum air putih

Warwir.com – Kamu yang hanya membaca artikel ini berdasarkan judulnya saja pasti akan sedikit merasa bingung. Bagaimana bisa minum air putih dilarang, sedangkan air putih menyimpan begitu besar manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Menjaga tubuh dengan memberi asupan cairan yang cukup sangat penting untuk kita lakukan, karena faktanya adalah sekitar 70% tubuh manusia didominasi oleh cairan. Oleh karena itu, kurangnya asupan cairan untuk tubuh akan mengakibatkan beberapa gangguan yang bisa jadi akan membuat gangguan serius bagi kesehatan tubuh.

Porsi standart minum air putih yang sangat dianjurkan adalah kurang leih 8 gelas per hari. Tapi, porsi ini juga bukan satu patokan yang pasti karena pada dasarnya setiap orang dengan kondisi tubuh yang berbeda membutuhkan asupan cairan yang juga tak sama.

Fungsi Air Bagi Tubuh

Dilansir dari lama situs Wikipedia, Air sangat dibutuhkan untuk proses hidrasi yang terjadi di dalam tubuh. Hidrasi sendiri adalah suatu proses dimana ion dalam tubuh akan dikelilingi oleh susunan molekul air.

Proses hidrasi ini sangat dibutuhkan tubuh untuk mengatur kestabilan ion yang terkandung dalam larutan dan mencegah abion serta kation untuk kembali bergabung menjadi satu.

Kekurangan asupan cairan akan mengakibatkan kondisi tubuh dimana terjadi gangguan dalam struktur stabilitas maupun keseimbangan cairan yang oada di dalam tubuh. Kondisi ini juga sering disebut dengan istilah Dehidrasi.

Manfaat Banyak Minum Air Putih

Kalau bicara tentang manfaat air putih bagi kesehtan, tentunya akan menjadi daftar yang sangat panjang. Semua dari kita pasti sudah banyak mengetahui, jika air putih adalah salah satu elemen yang sangat dibutuhkan tubuh, penjelasannya seperti yang telah kita jelaskan sebelumnya.

Air putih sangat bermanfaat untuk menghindarkan tubuh kita dari berbagai macam ancaman peyakit. Membiasakan diri untuk banyak meminum air putih juga akan membuat kita selalu bugar, sehingga mampu melakukan aktivitas apapun dalam keseharian kita.

Bahan Terlalu Banyak Minum Air

Walaupun air putih menyimpan manfaat yang begitu dahsyat bagi kesehatan kamu, tapi bukan berarti semakin besar porsi air yang kamu minum akan semakin baik pula proses hidrasi dalam tubuh.

Ada saat-saat tertentu dimana kamu harus mengurangi porsi atau bahkan menghentikan sementara untuk meminum air putih, yaitu ketika

1. Saat dan Setelah Makan Besar

Satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah minum air disela makan. Kamu pasti juga sangat sering melakukan hal ini, bukan? Ternyata, minum air ditengah-tengah aktivitas makan adalah satu hal yang sebenarnya tidak baik untuk dilakukan.

Minum air disela makan akan membuat satu kondisi dimana perut kamu akan terasa tak nyaman, yang terkadang juga disertai dengan kembung. Waktu yang tepat untuk minum air putih adalah sesaat sebelum makan besar, ini sangat berguna untuk menjaga tubuh agar tidak kelebihan kalori.

Setelah makan pun juga demikian, sebelum kamu minum air berikan jeda sejenak agar tubuh mencerna makanan secara sempurna.

2. Setelah Olahraga Berat

Saat kamu selesai olahraga, tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan cairan dalam jumlah yang banyak. Begitupun senyawa elektrolit juga akan dikeluarkan tubuh melalui produksi cairan keringat.

Meskipun aktivitas olahraga berat ini akan membuat kita sangat kehausan, tapi minum air putih dengan porsi yang terlalu banyak adalah satu hal yang justru kan membahayakan tubuh. Dimana aktivitas tersebut akan memicu terjadinya hiponatremia parah atau pembengkakan sel otak.

Minuman yang sangat dianjurkan setelah kamu melaukan aktiivtas yang cuup berat seperti diatas adalah minuman yang mnegandung elektrolit tinggi, yang mana agar elektrolit dalam tubuh yang keluar bersamaan denagn cairan keringat dapat tergantikan.

3. Warna Urine Jernih

Warna urine yang cenderung jernih adalah satu pertanda bahawa tubuh kamu telah tercukupi dalam kebutuhan cairannya. Maka dalam kondisi ini disarankan untuk kalian tidak menambah porsi air putih lagi. Pengkonsumsian air putih dengan dosis yang berlebihan pada kondisi tubuh yang seperti ini justru akan akan mengurangi kadar sodium dalam tubuh dan memicu hiponatremia, seperti yang telah disebutkan pada poin 2 diatas.

Nah, sudah jelas bukan? Mulai dari sekarang perbaiki kebiasaan yang akamu anggap baik tapi sebenarnya membahayakan tersebut. Ingat, suatu hal yang baik sekalipun akan menjadi buruk jika dilakukan secara berlebihan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

manfaat kentut untuk mengobati penyakit

Percaya Gak, Ternyata Bau Kentut Kamu Bisa Jadi Obat Penyakit Mematikan Ini Lho!

Jomblo Itu Menyenangkan

Jomblo Itu Enak Lho! Berikut 7 Fakta Bahwa Jomblo Itu Menyenangkan