in

Punya Pacar Beda Agama? Siapkan Dirimu Dengan Hal ini!

Cinta tidak ada yang bisa menebaknya. Terkadang rasa cinta muncul pada hati orang yang berbeda karena cinta tak mengenal suku, agama, ras maupun kewarganegaraan. Ketika cinta datang dalam hatimu maka persiapkan diri sebaik mungkin. Termasuk datang pada kamu yang berbeda agama. Kamu harus bisa menyikapi perasaan tersebut dengan baik. Memang sih, aturan agama apapun mewajibkan setiap pemeluknya untuk menikah dengan orang yang mempunyai agama sama.

Tapi, bagaimana kalau cinta sudah datang? Kamu harus mempersiapkan dirimu dengan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Jangan sampai setelah menjalani kisah percintaan lama, kamu justru merasakan sakit hati yang dalam karena perbedaan ini. Nah, berikut ini panduan tentang hal-hal yang harus kamu persiapkan saat kamu berpacaran dengan orang yang beda agama!

1. Siap menghadapi larangan orang tua

Pertama, kamu harus mempersiapkan tentang pandangan sinis dari orang tuamu sendiri atau orang tua pacar kamu. Kedua belah orang tua mungkin akan melarang kalian berpacaran kalau tahu beda agama. Mereka mungkin tidak menganggap kalau kamu adalah bagian dari anaknya dan begitu pula sebaliknya. Kamu harus bisa menyikapi ini dengan bijaksana. Jangan menekan pacar kamu saja, tapi saling berusaha menciptakan kedamaian adalah hal yang penting. Orang tua harus merasa bahwa kamu bahagia dengan pilihanmu dan tunjukkan kalau kalian peduli dengan agama lain juga.

2. Tenggang rasa dan toleransi

Pupuk rasa tenggang rasa yang besar, kamu harus bisa mengerti tentang kapan dia harus beribadah. Jangan sampai hubungan kamu membuat dia malas beribadah. Biarkan dia melakukan ibadah menurut agama dan kepercayaannya masing-masing. Begitu pula dengan kamu. Saling mengingatkan dan memotivasi agar mendapatkan yang terbaik untuk kalian. Langkah pertama dalam hubungan beda agama adalah mencari dukungan orang tua terlebih dahulu. Sebab, tanpa restu orang tua kamu tidak bisa melanjutkan hubungan.

3. Mempelajari agama satu sama lain

Persipkan pula dirimu untuk saling mempelajari agama satu sama lain. Memang bukan berarti kamu atau dia pindah agama, tapi mempelajari disini untuk memahami dan merasakan posisi kalian sebagai umat beragam. Dengan tahu apa kewajiban dan kesunahan pada agama pacar, kamu bisa mengerti mengapa dia harus melaksanakan ibadah tersebut. Jadi, kamu tidak lagi ngotot untuk melarangnya begini atau menyuruhnya seperti itu.

4. Siap merayakan hari-hari besar

Bagi kamu yang ingin selalu menjadi yang terbaik, maka saling menghargai. Salah satunya dengan ikut merayakan hari-hari besar doi. Jika doi muslim, kamu harus ada saat merayakan hari raya idul fitri atau idul adha. Tapi, kalau doi kristiani maka, kamu harus menemaninya dalam perayaan natal. Begitu pula jika agamanya hindu ataupun budha. Saling mendukung satu sama lain bisa menjadi langkah terbaik dalam menjalin suatu hubungan percintaan.

5. Mengikuti agamanya

Kemungkinan terburuk punya pacar beda agama adalah kamu harus meninggalkan agama dan kepercayaan kamu untuk mengikuti keyakinannya. Memang sangat berat hal itu, tapi kemungkinan tersebut tetap ada dan kamu harus menyiapkan sedini mungkin. Jangan hanya memikirkan masa sekarang, mungkin kalian masih nyaman dengan agama masing-masing. Tapi, masa depan siapa yang tahu. Ketika perpindahan agama terjadi, maka keluarga akan selalu menjadi penentang utama.

6. Pernikahan beda agama

Bila tidak bisa mengikuti keyakinan satu sama salin, berarti haru menempuh pernikahan beda agama. Kamu juga harus memikirkan keyakinan apa yang diajarkan kepada anak-anakmu kelak dan bagaimana menjalani rumah tangga dengan dua keyakinan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Alasan Kenapa Cewek Butuh Teman Dekat Cowok

Kamu Baru Putus? Berikut Tips Supaya Kamu Tetap Bahagia