in

5 Negara Kecil Yang Pernah Mengusai Dunia

Negara Kecil Yang Menguasai Dunia

Wawir.com – Kemajuan jaman yang terus mengalami perkembangan dengan sangat pesat, tentu tak luput dari peran negara-negara maju yang ada di dunia ini. Ya! Negara-negara inilah yang seakan menjadi poros dan mempengaruhi negara-negara lainnya. Dengan kata lain, merekalah negara penguasa dunia.

Sekilas jika mendengar kata penguasa, pasti yang pertama terlintas di benak kita adalah sesuatu yang besar. Besar dari segi wilayahnya, kekuatannya dan lain sebagainya. Tapi yang demikian itu tidak berlaku bagi 5 negara ini loh!

Mungkin pada masanya, negara yang satu ini memang memiliki teknologi diatas rata-rata negara lainnya. Tapi, jika dilihat dari segi wilayah, kelima negara ini sangatlah kecil jika disandingkan dengan yang lain. Tapi, kecilnya luas wilayah tak menyurutkan tekad mereka untuk mengasai dunia. Nah, inilah 5 negara kecil yang pernah menguasai dunia pada masanya.

5 Negara Kecil Yang Pernah Menguasai Dunia

1. Persia

Negara Kecil Yang Menguasai Dunia

Sejak 500 tahun SM, Cyrus the Great telah membangun dan mendirikan satu kekaisaran yang sangat kompleks. Popularitas Cyrus mampu membawa namanya menjadi Raja Persia yang diakui oleh pemimpin-pemimpin lokal di wilayah peleburan kekuasaan.

Cyrus sukses memegang tampuk kekuasaan di Persia dengan sangat baik. Ia berhasil menyatukan berbagai macam penduduk dari bangsa-bangsa yang beragam.

Menurut catatan sejarah, Cyrus juga termasuk salah satu raja yang menjunjung tinggi toleransi dan mengakui keberadaan agama-agama minoritas. Inilah yang menjadikan para pemimpin wilayah meliputi Babylonia, Lydia, Mesir kuno, dan bangsa-bangsa lain di semenanjung arab dan Timur Tengah mengakuinya sebagai Raja.

Kekuasaannya berlangsung selamu 200 tahun dengan estafet kepemimpinan yang turun ke anak cucunya. Hingga konflik besar perpolitikan menjadi pemicu tumbangnya kekaisaran Persia yang sempat menguasai beberapa wilayah dunia ini.

2. Mongolia

Negara Kecil Yang Menguasai Dunia

Pada masa kejayaannya, Mongolia dalam kepemimpinan Gengis Khan hingga Kubilai Khan terkenal sebagai negeri penakluk bumi Eurasia. Saat itu, hampir seluruh wilayah Asia hingga Rusia odern tunduk pada kekaisaran Mongolia.

Kekuatan militer Mongolia sangatlah ditakuti oleh bangsa lain, kala itu. Kekuasaannya meliputi Semenanjung Korea hingga Polandia di wilayah timur. Sedangkan wilayah utara ke selatan, Siberia hingga ke India.

Hingga akhirnya kekaisaran Mongol runtuh, disebabkan oleh banyak sengketa yang terjadi. Dan kini penakluk Eurasia yang hampir meliputi seluruh dunia tinggal menyisakan satu wilayah dengan luas 1,5juta km saja.

3. Bangsa Romawi

Negara Kecil Yang Menguasai Dunia

Berbicara tentang sejarah negara penguasa dunia, bangsa Romawi tentu tak bisa ditinggalkan begitu saja. Kekaisaran Romawi dimulai pada tahun 20an SM hingga 390an M.

Sebelum akhirnya terpecah menjadi dua bangian wilayah, yakni barat dan timur, bangsa Romawi adalah penguasa dataran Eropa. Terutama pada bagian Eropa barat. Begitu juga dengan di sepanjang pesisir utara benua Afrika, Mediterania dan sejumlah wilayah di Persia, yakni Irak serta Iran.

Bangsa Romawi berjaya selama 300 tahun. Keruntuhannya diakibatkan adanya konflik internal dari para pejabat negara. Banyaknya kasus tindak korupsi, dan bangkitnya lini-lini kekuatan dari gereja. Kekuatan inilah yang kemudian mendominasi dan menjadi pemicu runtuhnya bnagsa Romawi.

4. Turki

Negara Kecil Yang Menguasai Dunia

Mulai munculnya kesultanan Turki yang dikuasai oleh Dinasti Ottoman, Sultan Osman Gazi, adalah pada abad ke 13 Masehi. Kesultanan Turki dibangun di bekas wilayah Kerajaan Romawi Timur atau yang disebut dengan kekaisaran Bizantium.

Setelah berkuasa hampir 700 tahun lamanya, Dinasiti Ottoman akhirnya tumbang sejak terjadi pecahnya perang dunia I. Dan pada akhirnya, pada tahun 1923 Dinasti Ottoman benar-benar telah tenggelam seiring berdirinya Republik Turki dengan Musa\tafa Attaturk sebagai presiden pertamanya.

5. Inggris

Negara Kecil Yang Menguasai Dunia

Inggris menjadi salah satu negara kecil yang paling serakah di bumi ini. Pada sekitar abad ke 18 hingga 19, mereka bahkan telah berhasil menduduki negara yang tersebar di wilayah lebih dari seperempat bumi.

Dibandingkan dengan temannya yang lain, Inggris adalah salah satu dari 5 negara kecil yang pernah mengusai dunia dengan rentan waktu yang paling lama. Mereka baru runtuh sejak PD-I hingga PD-II. Wilayah jajahannya pun banyak yang kemudian memerdekakan diri dan membangun sebuah negara baru yang mandiri, lepas dari kerajaan Britania Raya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tes Kecerdasan

Pengin Jadi Anggota FBI?? Kamu Harus Lolos Tes Kecerdasan Ini Dulu

5 Kejadian Aneh Yang Tak Terungkap