in

Kamu Masih Inget? Mitos-mitos ini Masih Diyakini Orang Indonesia Hingga Sekarang

mitos orang tua jaman dulu

Warwir.com – Bukan orang Indonesia namanya kalau tidak kenal dengan istilah pamali yang sering diucapkan oleh masyrakat etnis Sunda atau ora ilok, ucapan khas suku jawa. Keduanya memiliki makna dan fungsi yang sama, yakni untuk melarang seseorang melakukan suatu tindakan yang tidak baik menurut kepercayaan turun temurun.

Waktu kamu kecil pasti sering denger bukan,”jangan main petak umpet malem-malem, nanti diculik wewe gombel.” Kalimat ini yang sering digunakan sebagai senjata ampuh orang tua jaman dulu untuk menakut-nakuti anak mereka agar tidak keluar rumah saat matahari sudah terbenam.

Parahnya, meskipun sekarang sudah jamannya android dan iphone, ternyata masih sangat banyak orang Indonesia yang percaya dengan mitos-mitos tak masuk akal tersebut. Karena memang pada beberapa kondisi, kepercayaan yang dianggap mitos tersebut memang benar-benar terjadi di kehidupan masyarakat.

Ayo, sekarang coba ingat-ingat! Kira-kira apa saja mitos yang masih diyakini orang Indonesia hingga saat ini, yang kamu sendiri pernah mengalaminya?

Mitos yang Masih Dipercaya Hingga Saat Ini

1. Cewek! Jangan nongkrong depan pintu, nanti jadi jomblo

mitos orang tua jaman dulu

Kalau dipikir, apa coba hubungannya pintu sama takdir jomblo kamu? Tapi inilah mitos yang sering diucapkan oleh orang tua kita dulu. Hingga saat ini mitos tersebut pasti masih membekas di hati para generasi setelahnya. Kebanyakan dari mereka pun masih mempercayainya.

Mitos ini sebenarnya tidak seluruhnya tak masuk akal lho! Logikanya begini, kalau kamu cewek, duduk di depan pintu adalah hal yang kurang sopan. Apalagi kalau kamu pas pakai rok pendek diatas lutut! hiii

2. Nyapu tuh yang bersih, nanti dapat jodoh brewokan lho!

mitos orang tua jaman dulu

Brewok?? Sapu?? Jodoh?? tiga hal yang kalau dihubung-hubungkan pasti gak akan bisa terhubung. Mitos ini lebih sering dilontarkan oelh orang tua kepada putri mereka. Lagi-lagi ini sebenarnya adalah satu pembelajaran untuk sang putri kesayangan, yang mana seorang perempuan haruslah rajin dan bisa menjaga kebersihan. Kebayang kan kalau nanti kamu nikah, nyapu aja gak bisa! gimana bentuknya rumahmu nanti. Masa iya suami pulang dari kantor disuruh nyapu?

3. Awas! Jangan makan biji buah, nanti tumbuh

 

mitos orang tua jaman dulu

Mitos yang satu ini, kalau kamu memaknainya hanya dengan bahasa lugu saja tentu tidak akan bisa mengerti. Nenek moyang kita memang sangat pandai membangun mindset anak dengan ajakan kebaikan yang berbalut mitos. Metode ini ternyata terbukti ampuh untuk mendidik mental dan karakter anak menjadi sosok yang penurut.

Meskipun sekilas makna dari mitos yang satu ini terlihat sangat aneh. Namun, didalamnya tersimpan pesan mulia, bahwa kamu harus menjaga kelestarian alam. Biji buah itu jangan kamu makan, muntahkan dan tanam agar bisa tumbuh menjadi pohon buah yang baru.

4.Jangan ada sisa nasi dipiring, nanti nasinya nangis

mitos orang tua jaman dulu

Nasinya nangis karena gak diajak temennya main ke perut? Unik, aneh dan menggelitik bukan!

Tapi maksud beliau membuat mitos yang satu ini adalah, untuk memberikan pelajaran kepada anak agar tidak suka melakukan tindakan yang mubadzir.

5. Jangan duduk diatas bantal, nanti pantat kamu bisulan

mitos orang tua jaman dulu

Bantal kan tempat kepala, kalau buat duduk terus jadi alas pantat kamu, ya gak sopan dong! Pantas kalau bisulan. Satu ungkapan yang menyatakan ancaman bagi si anak agar bisa tau fungsi benda-benda disekitarnya dan menggunakannya dengan sebagaimana mestinya.

Dari 5 mitos orang tua jaman dulu yang sudah dibahas diatas, mana yang sering bikin kamu kena semprot orang tuamu dulu? Pasti semuanya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cewek perhatian

Kenali 5 Ciri Cewek Naksir Kamu Ini Mblo! Biar Gak Ngenes Terus

manfaat kentut untuk mengobati penyakit

Percaya Gak, Ternyata Bau Kentut Kamu Bisa Jadi Obat Penyakit Mematikan Ini Lho!