in

Kebijakan Donald Trump yang Mempengaruhi Perekonomian Indonesia

Warwir.com – Kalian tentu tahu kalau negara adidaya merupakan negara dengan kekuasaan politik di dunia. Berbicara tentang negara adidaya, maka Amerika adalah negara yang pertama. Amerika adalah salah satu negara yang unggul dibidang perekonomian, adapun produk unggulannya adalah Handphone, Motor, Mobil serya industri lainnya. Majunya negara ini tak lepas dari pemimpin dan kebijakan yang dibuatnya.

Sebagai contoh, Barack Obama yang sudah memimpin Amerika selama dua dekade. Dimana selama pemerintahannya, beliau berupaya untuk selalu mengamankan perekonomian Amerika Serikat yang diarahkan ke restorisasi perekonomian finansial serta bursa saham dikancah internasional. Setelah dipimpin oleh Presiden Barack Obama, sekarang Amerika dipimpin oleh Presiden Donald Trump. Beda pemimpin tentu beda kebijakan dan inilah kebijakan Donal Trump!

1. Kebijakan-Kebijakan Donal Trump :

  • Memotong pajak besar-besaran, sedangkan kisaran pajak di Amerika hingga 35%
  • Lapangan pekerjaan penyerapan utamanya di fokuskan pada sektor manufaktur dengan cara mengurangi pajak menjadi 15% di Amerika saai ini.
  • Setiap perdagangan bebas di Amerika, harus disikapi secara proteksionisme.
  • Menentang kesepakatan Trans Pacific Patnership (TPP) antara Amerika Serikat dengan beberapa negara di kawasan Pasifik. Selain itu, menetapkan standar perdagangan umum serta berusaha mengurangi hambatan yang ada.
  • Bisa dipastikan kalau kebijakan Donald Trump ini berpengaruh bagi Indonesia. Selain itu, juga memberikan dampak buruk bagi negara-negara yang disepakati Amerika Serikat.

Pengaruh Kebijakan Donald Trump Bagi Dunia

Mengenai kebijakan yang diturunkan oleh Donald Trump itu, tentu menjadi isu yang paling dibahas didunia. Karena banyak yang menganggap kalau kebijakan tersebut fenomenal bagi negara-negara di dunia terutama di Cina. Beberapa media menyatakan jika Negara yang akan sangat menderita atas kemenangan Presiden Donald Trump adalah Cina. Sebab, diperkirakan bahwa Trump akan membatasi ruang gerak Cina dengan kebijakan-kebijakannya. Itu bisa menyebabkan Cina mengalami surplus perdagangn sekitar $366 M. Akibat kebijakan yang diberikan Trump, nantinya akan memburuk.

Pengaruh Kebijakan Trump Pada Indonesia

Terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika membuat nilai tuka dolar naik dari Rp 13.000/ dolar ke Rp 13.800/ dolar. Rumor kebijakan Amerika Serikat ini menjadikan Indonesia harus lebih waspada mengawasi perekonomian. Dalam pidatonya, Trump juga menyatakan ingin membatalkan semua perjanjian perdagangan karena beliau menganggap perjanjian itu merugikan Amerika Serikat. Apabila kebijakan tersebut dijalankan, maka berpengaruh pada Indonesia.

Sebagai negara yang berkembang, Indonesia harus pro aktif dampak dari kebijakan Donald Trump terhadap perekonomian di Indonesia. Kalau Amerika dan Cina bersitegang, Indonesia berada di tengah-tengahnya. Dimana realisasi investasi antara Cina dan Indonesia sangat besar yakni Rp 4,16 Triliun atau setara dengan 2,16 M Yuan.

Pandangan Islam Tentang Terpilihnya Trum beserta Kebijakan

Sedangkan pandangan islam karena terpilihnya Donld Trump adalah ekonomi islam nharus antisipasi. Terutama bagi kaum musim yang merupakan minoritas di Amerika akan dipersulit dengan kebijakan serta hukum yang dibuat oleh Trump. Pasalnya Trump menganggap kalau muslim itu buruk yang berarti dapat mempengaruhi pekerjaan masyarakat muslim disana. Selain itu, lembaga-lembaga muslim yang didirikan juga bisa terancam.

Kebijakan Trump atas islam, ini juga mempengaruhi perekonomian Indonesia. Nasib tenaga kerja muslim Indonesia yang ada di Amerika dalam tahap kekhawatiran. Selain itu, berdampak buruk juga pada sektor industri dalam negeri yakni terhentinya pengiriman produk-produk muslim seperti pakaian muslim, mukena dan lain sebagainya.

Nah, itulah dampak mengerikan kebijakan Donald Trump pada perekomian dunia dan Indonesia.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beginilah Seharusnya Menyikapi Kekalahan

Berikut Adalah Agama Selain Islam yang Menjalankan Puasa