in

Saat Hidupmu Mulai Bosan dan Lelah, Ingat 5 Hewan Ini!

inspirasi dari hewan penguin

Warwir.com – Jika dirasakan, hidup ini terkadang memang sangat membosankan. Rutinitas yang sama di setiap harinya, tanggung jawab yang habis-habis, terkadang akan membuat pikiran kita mengalami kejenuhan. Pada kondisi inilah, perlu adanya asupan motivasi dan inspirasi utnuk kembali bangkit dan memulai perubahan-perubahan dalam hidup.

Untuk mencari inspirasi, apa salahnya jika kita berkaca pada tingkah laku hewan? Hanya karena hewan adalah makhluk yang tak berakal, bukan berarti mereka adalah ciptaan Tuhan yang buruk dan tak memiliki manfaat. Beberapa hewan bahkan bisa menjadi satu sumber inspirasi dan memotivasi dirimu agar tetap berusaha membangun masa depan yang lebih baik.

Apa saja hewan-hewan tersebut? Oke, keep reading ya sob!

5 Hewan yang Bisa Menjadi Sumber Inspirasimu

1. Semut

inspirasi dari hewan semut

Hewan yang paling sering kita temui setiap hari. Dibalik tubuhnya yang kecil dan mungil, tersimpan satu kelebihan yang bahkan jarang dimiliki oleh manusia. Semut yang memiliki tubuh jutaan kali lebih kecil dari manusia ini, mempunyai jiwa semangat kerja yang sangat tinggi. Semangat kerjanya konsisten, fokus, dan ia tak pernah sekalipun mengeluh. Gak percaya? Kamu pernah denger semut bolos kerja, terus tidur dikamarnya? Gak, kan?

Lebih dari itu, semut adalah salah satu makhluk yang tulus dalam berkoloni. Solidaritasnya antar sesama sangat patut kamu tiru. Bahkan ketika sang Ratu harus berganti-ganti pasangan, tak pernah sekalipun yang memberikan gelar ‘Pelakor’ untuknya.

Mereka selalu taat akan perintah yang telah diberikan, setiap jenis semut memiliki tugasnya masing-masing, dan satupun tidak ada yang iri dengan tugas rekannya yang dirasa lebih ringan.

Dari semut, kamu bisa belajar arti tentang tanggung jawab, ketaatan, dan persaudaraan yang begitu kuat.

2. Rayap

inspirasi dari hewan rayap

Kamu tahu rayap? Bagi kebanyakan orang rayap adalah salah satu hewan dari jenis serangga yang sangat dibenci. Kehadirannya bahkan selalu dianggap bencana, karena hewan ini mampu merusakkan barang-barang berharga di dalam rumah yang berbahan baku dari kayu.

Seperti halnya semut, rayap juga hidup berkoloni. Mereka bahkan memiliki pembagian tugas yang juga mirip seperti semut.

Apa yang bisa kamu ambil dari rayap? Tanggung jawabnya terhadap tugas, serta keyakinannya yang teguh dalam menghadapi semua halangan. Bayangkan saja, rayap yang begitu kecil dan sangat lemah itu bahkan mampu menghabiskan satu batang kayu, yang pastinya berukuran lebih kuat dan keras. Gak percaya? Ketokin aja kepamu pakai kayu! hehe

3. Berang-berang

inspirasi dari hewan berang-berang

Hewan mamalia yang berhabitat asli di pinggiran sungai beraliran deras ini adalah satu-satunya hewan yang memiliki titel insinyur, walaupun dia tak pernah kuliah sama sekali. Jangankan kuliah, sekolah TK aja dia gak pernah!

Tapi kehebatan berang-berang dalam membuat satu konstruksi dari bahan baku alam yang sangat kuat sudah terbukti nyata, dan tak bisa lagi dipungkiri. Bayangkan saja, hanya dengan ranting-ranting kayu kecil yang ia kumpulkan, berang-berang mampu membuat satu bangunan sarang yang membendung derasnya aliran sungai.

Aktivitas itu ia lakukan secara bertahap untuk menyiapkan sarang yang hangat, tempat tinggalnya bersama keluarga saat musim dingin.

Apa pelajaran yang bisa kita tiru dari tingkah laku si insiyur alam ini? Janganlah sekalipun kamu memiliki rasa tisak percaya diri terhadap kemampuanmu sendiri. Meskipun kamu tidak dapat menempuh jenjang pendidikan yang tinggi, atau tidak terlahir dari keluarga yang mapan dalam segi financial, bukan berarti masa depanmu tidak bisa menjadi orang yang sukses.

Tirulah sikap[ berang-berang yang percaya akan kemampuannya, telaten dan terus berjuang untuk membangun sarangnya. Begitupun juga kamu, tiru konsep hidup si insiyur alam tersebut untuk membangun masa depanmu yang cerah.

4. Penguin

inspirasi dari hewan penguin

Penguin adalah hewan berdarah panas, yang tinggal di daerah bercuaca dingin. Penguin sangat terkenal akan kesetiaannya terhadap pasangan dan keluarga. Seekor penguin jantan akan menggantikan betinanya untuk mengerami telur hingga menetas. Aktivitas itu ia jalani selama lebih dari 3 bulan atau sekitar 64 hari.

Si betina akan pergi menggantikan tugas penguin jantan untuk mencarikan makanan bagi dirinya dan pasangannya. Nah, setelah telur menetas dan anak penguin lahir barulah induk penguin betina yang akan bergantian menjaga anakanya.

Bisa kita lihat bukan, betapa harmonisnya keluarga kecil penguin itu? Kamu tak harus ikut cara penguin dan menggantikan peran istriatau suamimu. Cukup perhatikan mereka, fokuskan hati dan niatmu hanya untuk membahagiakan keluarga.

5. Kanguru

inspirasi dari hewan kanguru

Hewan apa lagi yang kemana-mana selalu menggendong anaknya, kalau bukan kanguru? Hewan khas Australia ini terkenal sebagai salah satu hewan mamalia yang sangat unik.

Meskipun terlihat lucu, kanguru ini memiliki tubuh yang sangat kuat loh. Hantaman kakinya mirip seperti tinju alm. Mike Tyson yang fenomenal. Bukan hanya itu, otot kakinya yang kuat mampu membuat ia melompat dengan kecepatan lebih dari 25km/jam.

Kalau kebosanan mulai melanda hidupmu, coba ingat si kanguru ini. Kanguru adalah hewan yang sangat menyayangi anaknya. Ia akan berani mati untuk menjaga keselamatan keturunannya.

Nah, masih mau larut dengan rasa bosanmu dan menghiraukan kebahagiaan anak-anak dan keturunanmu kelak? Waduh, kalah dong sama kanguru!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jatuh cinta sama sahabat

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Mulai Jatuh Cinta Sama Sahabatmu Sendiri

baju kondangan putih

Gak Pengin Malu Kan? Ingat Ini 5 Baju Kondangan yang Harus Dihindari