in

Inilah Tips Untuk Bertahan Hidup di Tanggal Tua

Warwir.com – Tanggal tua selalu menjadi momok tersendiri bagi kebanyakan orang. Dimana pada tanggal ini, uang gaji tersisa sedikit, sementara hidup harus tetap bertahan. Setiap harinya membutuhkan uang untuk membeli kebutuhan. Bagi yang selalu mengikuti nafsunya, maka akan berhutang dan terus begitu. Lantas kapan bisa mempunyai tabungan. Kamu perlu tahu tips bertahan hidup di tanggal tua, sehingga kamu tidak menambah hutan tapi malah bisa menabung.

Sungguh tidak mengenakkan bila kamu berhutang, bila akhir bulan ini kamu berhutang, lalu membayarnya di tanggal muda dan begitu seterusnya. Apakah tidak menyiksa diri kalau hal itu dibiarkan berlarut-larut? Jika diawal bulan kamu mengeluarkan banyak uang, maka di akhir bulan kamu harus bisa menekannya. Kencangkan ikat pinggang untuk hidup makmur, berhematlah dan ikuti tips bertahan hidup di tanggal tua berikut ini!

1. Kurangi jajan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat tanggal tua adalah mengurangi pengeluaran untuk jajan. Jajan adalah kebiasaan yang sulit sekali dihilangkan. Tapi, ingat ini tanggal tua dan kamu harus bisa menahan semuanya. Boleh jajan, tapi yang sesuai kondisi keuangan kamu. Pilih jajan yang bisa bertahan lama kenyangnya. Jangan samakan saat tanggal muda, dimana kamu bisa jajan semua yang diinginkan. Prioritaskan kebutuhan pokok terlebih dahulu sebelum jajan.

2. Kurangi jalan bersama teman

Saat tanggal tua tiba, cobalah untuk tidak hangout bersama teman. Sebisa mungkin tolak ajakan mereka dengan alasan yang masuk akal. Terkecuali bila ada yang mau menraktir kamu. Pergi bersama teman, bisa menambah pengeluaran kamu di tanggal tua. Jadi, lebih baik tidak usah pergi saja agar kamu tidak iri dengan apa yang bisa dibeli teman. Sibukkan diri dengan kegiatan lain, mungkin saja dengan mencari tambahan penghasilan.

3. Masak makanan sendiri

Tentu kamu tahukan kalau harga masakan di luar mahal dan itu bisa membuat kantor kamu kering. Daripada membeli makanan di warung atau restoran, kamu bisa membuatnya sendiri. Musalnya beli mie instan, lalu rebus sendiri atau membeli bahan dipasar kemudian dimasak sendiri. Dengan begitu, makanan yang kamu beli tidak hanya untuk sekali tapi bisa untuk seharian. Atau jika ingin mengirit, kamu beli saja nasi kucing atau nasi uduk yang harganya murah.

4. Cari sampingan

Jika tanggal tua tiba, kamu bisa mencari kerjaan sampingan. Tidak usah bekerja yang berat, tapi yang ringan saja. Sekarang ini banyak pekerjaan ringan yang menghasilkan banyak uang. Kamu bisa ikut jualan online, menjadi penulis konten, atau menjadi jasa translate. Gunakan keahlian kamu semaksimal mungkin dan pasarkan melalui sosial media baik itu facebook, twitter, instagram dan sosmed lainnya.

5. Rencanakan sejak awal

Mulai sekarang, hindari kebiasaan tanggal tua saatnya dompet kosong. Cari tahu apa penyebabnya dan atur keuangan dengan baik. Rencanakan dari tanggal muda, jangan jor-joran setelah gajian. Kamu harus bisa membagi gajimu untuk biaya hidup sebulan. Setiap harinya kamu batasi harus mengeluarkan uang berapa. Sisihkan uang harian, sisakan juga dana cadangan untuk kondangan atau kegiatan lainnya. Dan jangan lupa sisihkan uang untuk menabung.

Jika kamu sudah mempunyai anggaran untuk sehari-hari, cukupkanlah uang harian itu untuk biaya hidup sehari. Jangan sampai kelewat batas, makanlah seadanya asalkan sehat. Masa muda bukan berarti masa bebas, walau bebas tapi harus bertanggung jawab. Masanya untuk menabung di hari tua agar ke depannya kamu hidup bahagia.

Itulah tips untuk bertahan hidup di tanggal tua. Sekarang lakukan langkah-langkah diatas agar hidupmu sejahtera setiap saat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Agar Kamu Tidak Terjebak Jadi Friendzone

Ditanya Kapan Wisuda? Ini Jawaban Ampuh Buat Kamu