in

Inilah Dampak Positif Jika Kamu Sering Melamun

Warwir.com – Siapa yang tidak pernah melamun? Semua orang pasti pernah melamun, termasuk kamu yang mungkin secara tidak sengaja tiba-tiba saja memikirkan sesuatu hingga masuk ke dalam sebuah lamunan. Entah melamunkan suatu masa depan atau kejadian yang pernah dialami sehingga membuat ingatan menjadi kembali tertuju pada ingatan tersebut. Sebuah penelitian membuktikan bahwa melamun merupakan kondisi di mana terputusnya pikiran seseorang yang terjadi sesaat dengan lingkungan yang ada di sekitarnya, di mana seseorang tersebut mengalami kondisi kontak yang menjadi kabur dan digantikan oleh visual yang berasal dari khayalan mengenai hal-hal yang menyenangkan. Harapan atau juga kenangan yang pernah dialmi oleh mereka yang melamun. Tapi sebenarnya melamun baik atau kah buruk ya?

Banyak orang yang mengungkapkan bahwa mereka secara tidak sengaja melamun dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan atau pun kengangan yang menyedihkan ketika mereka sedang sendiri. Sehingga bisa diartikan, melamun merupakan sebuah kegiatan yang tidak pernah direncakan dan terjadi begitu saja.

Sebagian besar orang menganggap melamun merupakan kegiatan yang merugikan, karena hanya berdiam diri dengan memikirkan hal-hal menyenangkan yang bisa jadi hal tersebut merupakan keinginan atau pun harapan yang ingin mereka wujudkan. Namun semua itu tidak akan terwujud jika mereka hanya melamun saja bukan? Sehingga banyak yang mengatakan bahwa melamun merupakan kegiatan yang menyia-nyiakan waktu. Oleh sebab itu, melamun dapat dianggap buruk.

Karena melamun hanya akan memberikan dampak negatif bagi seseorang. Seperti, malas, pikiran menjadi kurang berkembang hingga timbul pikiran negative pada seseorang yang sering melamun.

Tapi ada pendapat berbeda mengenai kegiatan melamun ini. Bagi segelintir orang melamun adalah kegiatan yang memiliki dampak positif atau memiliki kebaikan. Kenapa bisa begitu? Bertikut ini adalah manfaat dari melamun.

1. Menciptakan Ide

Sudah bukan rahasia lagi jika seorang JK. Rowling mendapatkan ide penulisan awal Novel fenomenal Harry Potter ketika dia sedang melamun di sebuah kereta dalam perjalanan menuju London. Hal ini membuat stigma negative dari melamun dapat dihapuskan karena, terbukti dari sebuah lamunan seseorang bisa menghasilkan sebuah karya.

Beberapa penelitian menganggap bahwa melamun dapat membuat seseorang lebih kreatif. Hal ini tentu saja tidak lepas dari kerja keras. Karena lamunan yang hanya dibiarkan begitu saja tidak akan berbuah apa-apa. Seperti para ilmuwan dan seniman yang mewujudkan hasil dari sebuah lamunan mereka ke sebuah karya yang mampu membuat dirinya bangga. Sehingga meski pun melamun dapat membuat seseorang kreatif, tapi tetap harus bertindak ya! Jangan hanya melamun saja.

2. Introspeksi Diri

Ketika kamu berdiam diri dan memikirkan kejadian yang baru saja kamu alami, entah kejadian tersebut kejadian menyenangkan atau pun menyedihkan. Tentu saja pada saat itu kamu sudah mulai bisa memandang suatu masalah dari berbagai sisi, sehingga kamu bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk berintrospeksi diri dan memikirkan ulang kejadian yang baru saja kamu alami.

Jadi menurut kamu, melamun baik atau kah buruk? Apa pun pendapat kamu mengenai hal ini, yang pasti kamu tahu kapan kamu harus melamun dan kapan kamu harus berhenti untuk menciptakan sesuatu dari hasil lamunanmu. Karena dampak negatif dan dampat menyebabkan hal buruk terjadi dari kegiatan melamun ini hanya bisa kamu rasakan apabila kamu terlalu sering melamun, tapi tidak melakukan kegiatan apapun. Untuk itu, melamun boleh hanya saja kamu tahu kapan harus berhenti dan memulai aktifitas lagi.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Untuk Memperbaiki Hubungan yang Renggang Supaya Kembali Harmonis

Inilah Gejala Computer Vision Syndrome yang Harus Kamu Tau