in

Inilah Dampak Negatif Jika Kamu Sering Mengeluh

Warwir.com – Setiap orang pasti pernah mengeluh terhadap apa pun yang terjadi di dalam hidupnya. Apalagi jika hasil yang dikerjakan tidak sesuai dengan harapan. Secara tidak sengaja kamu pasti akan mengeluh bukan? Mengeluh merupakan dampak negatif yang secara sengaja mau pun tidak sengaja keluar karena suatu permasalahan yang sedang dihadapi. Mengeluh bisa dikeluarkan secara spontan atau melalui perbincangan bersama teman, yang biasanya sering kamu sebut dengan istilah curhat. Meski setelah mengeluh, kamu dapat mengeluarkan beban mau pun uneg-uneg anda, tapi tahukah dampak negatif terlalu sering mengeluh?

Banyak yang tidak menyadari bahwa mengeluh dapat menyebabkan dampak negatif bagi diri kamu sendiri atau pun orang lain yang ada di sekitar kamu, secara langsung mau pun tidak langsung. Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai dampak negatif terlalu sering mengeluh.

Meski mengeluh diperbolehkan dan menjadi sesuatu yang wajar dilakukan oleh seseorang ketika menghadapi suatu masalah atau keadaan tidak menyenangkan. Tapi jika anda terlalu sering mengeluh, bahkan ketika anda mendaat suatu masalah ringan. Hal ini dapat memberikan dampak negatif bagi diri kamu sendiri dan bahkan orang lain. Apa saja dampak negatifnya.

1. Ternyata sering mengeluh dapat memperpendek usiamu

Dampak negatife yang pertama dari sering mengeluh adalah dapat memperpendek usia kamu loh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, seseorang yang lebih sering mengeluh bahkan hanya karena masalah kecil saja dapat berakibat buruk dengan kesehatannya. Sehingga mereka yang suka atau sering mengeluh memiliki usia 3 kali lebih pendek dari mereka yang jarang mengeluh.

Untuk mereka yang jarang mengeluh memiliki kesempatan hidup 6 hingga 10 tahun lebih panjang. Jika kamu ingin hidup lebih lama dan memiliki usia yang panjang, stop mengeluh mulai dari sekarang!

2. Mengeluh hanya akan memperburuk keadaan

Banyak orang yang beranggapan dengan mengeluh mereka dapat merasa lega, padahal dengan mengeluh kamu hanya akan memperburuk keadaan dengan membuat diri kamu menjadi semakin terpuruk dengan keluhan-keluhan yang kamu lontarkan. Dari pada mengeluh, bukankah lebih baik mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang kamu hadapi. Karena sepelik apa pun, permasalahan yang kamu hadapi kamu pasti akan ada jalan keluar atau pun solusinya.

3. Mengeluh dapat menambah masalah baru

Percaya atau tidak, mengeluh dapat menimbulkan masalah baru. Jika kita memeriksa beberapa kejadian yang sempat heboh mau pun viral di berbagai media karena diakibatkan oleh keluhan yang seseorang keluarkan mengenai sesuatu di sosial media dan berakhir dengan sebuah tuntutan sehingga mereka terseret ke meja hijau. Hal tersebut merupakan salah satu dampak negative dari mengeluh.

4. Mengeluh ternyata dapat menular

Pernahkah kamu membicarakan masalah yang sedang kamu hadapi dengan mengeluh bersama teman dalam sebuah percakapaan atau curhat? Kemudian teman kamu membalas keluhan kamu dengan keluhan lain yang pernah teman kamu alami. Hal ini lah yang disebutkan bahwa mengeluh tidak hanya berdampak negatif bagi diri kamu sendiri namun juga bagi orang lain.

Sebuah penelitian menyebutkan jika mengeluh dapat menular apabila kamu sedang mengeluhkan masalah kamu bersama seorang atau sekelompok teman. Maka secara tidak langsung teman kamu akan memasukkan keluhannya ke dalam percakapan kalian.

Sudah tahu kan, dampak negatif terlalu sering mengeluh? Semoga setelah membaca artikel ini kamu yang sering sekali mengeluh bahkan terhadap masalah kecil, mulai mengurangi reaksi spontan ini dan selalu berusaha untuk tegar dan kuat dalam mengalami setiap permasalahan yang sedang terjadi.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa Harus Gondrong! Setuju?

Inilah Cara Untuk Menenangkan Diri Saat kamu Menerima Undangan Dari Mantan