in

Inilah 5 Hal yang Dilakukan Fresh Graduate Menjelang Kerja

Warwir.com – Sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai dan mungkin kamu termasuk fresh graduate. Menjadi fresh graduate itu sangat membanggakan. Hal pertama yang kamu lakukan mungkin akan marayakan momen menjadi sarjana bersama keluarga. Setelah itu berarti kamu harus siap memasuki dunia kerja. Tapi, mendapatkan pekerjaan yang sesuai bakat dan minat tidak semulus yang dibayangkan walaupun lulusan terbaik sekalipun.

Kamu tak usah khawatir akan hal itu, jangan terlalu iri dengan teman-teman kamu yang sudah bekerja setelah lulus. Bagi kamu fresh graduate yang belum memiliki pekerjaan, dapat melakukan beberapa hal menyenangkan, menikmati waktu sembari menyiapkan diri masuk dunia kerja yang sebenarnya. Masih bingung mau melakukan apa? Simak saja 5 hal yang dilakukan fres graduate menjelang kerja di bawah ini!

1. Berlibur dengan keluarga

Aktivitas pertama yang harus kamu lakukan sebagai fresh graduate adalah berlibur bersama keluarga. Selama menempuh pendidikan kuliah, mungkin dirimu terlalu sibuk bagaimana menjadi yang terbaik, mengerjakan tugas-tugas kampus dan jarang mempunyai waktu dengan keluarga. Terlebih lagi bila universitas kamu jauh dari rumah, pastilah tak ada waktu untuk keluarga. Nah, setelah lulus merupakan waktu terbaik menikmatinya bersama keluarga.

Kamu dapat merayakan prestasi fresh graduate sebelum bekerja. Ajak orang tua beserta saudar-saudaramu berwisata, berkemah, mendaki atau tamasya ke pantai. Kalau kamu mempunyai tabungan yang cukup, bisa mengajak keluarga berlibur ke luar negeri. Atau jika tidak, buat acara seru dan menyenangkan di rumah.

2. Kembangkan hobi

Selain menikmati waktu bersama keluarga, kamu juga bisa mengembangkan hobi. Tak usah khawatir saat belum menemukan pekerjaan yang tepat. Isi waktu kamu dengan mengembangkan hobi sembari mencari info lowongan pekerjaan. Jika kamu memiliki hobi travelling, aja teman-teman dengan hobi yang sama untuk travelling bersama. Atau kalau memiliki hobi fotografi ambillah foto pemandangan yang indah.

Atau kalau suka nulis, kamu bisa membuat sebuah blog wisata yang berisi cerita travellingmu. Manfaatkan waktu luangmu dengan sebaik mungkin. Selain menulis tentang aktivitas travelling, kamu juga bisa menulis tentang hal lainnya yang sesuai minat kamu. Bahkan sekarang banyak sekali orang yang memonetisasi situsnya sehingga menghasilkan uang.

3. Susun rencana

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana. Selama kamu belum mendapatkan pekerjaan, jangan bingung lalu melamar pekerjaan ke perusahaan yang satu ke perusahaan lainnya tanpa persiapan. Sebaiknya, kamu mempersiapkan konsep rencana di bulan depan, tahu depan atau masa depan apa yang ingin kamu lakukan. Seperti ingin bekerja sebagai apa, di perusahaan yang bergerak dibidang apa, letaknya dimana dan rencana lainnya nanti.

Disamping menyusun rencana, kamu perlu mempersiapkan CV (Curriculum Vitae) yang menarik dan dengan gaya bahasa yang tepat. Supaya nantinya pihak HRD perusahaan mau membacanya dan tertarik merekrutmu sebagai karyawannya.

4. Menyiapkan diri

Setelah selesai membuat CV yang bagus dan menarik, selanjutnya persiapkan diri kamu sebelum memasuki dunia kerja. Dunia kerja lebih luas dibandingkan dunia pendidikan, disana kamu tidak hanya belajar, melainkan juga harus bisa bekerja sama dengan rekan-rekan. Selain itu, kamu pun harus membiasakan diri untuk bangun pagi dan disiplin kerja.

5. Tenangkan pikiran

Hal yang dilakukan fresh graduate menjelang kerja terakhir adalah menenangkan pikiran. Merefresh otak itu perlu karena mungkin selama ini kamu lelah dengan pendidikan. Sehingga jarang mempunyai waktu untuk menenangkan pikiran. Kamu bisa menenangkan dengan meditasi, perjalanan spiritual ataupun yoga. Jika pikiran kamu tenang, maka hanya hal positif yang kamu pikirkan.

Itulah 5 hal yang dilakukan fresh graduate menjelang kerja. Isi waktumu dengan kegiatan-kegiatan tersebut agar tidak stres.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Alasan Kenapa Jadi Tomboy Itu Menyenangkan

5 Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Membahagiakan Diri Sendiri