in

Ini yang Harus Kamu Lakukan Menjelang Bulan Ramadhan

Ramadhan sebentar lagi teman, ayo persiapkan diri untuk menyambutnya. Buatlah dirimu semakin lebih baik dan menjadi senang atas kehadiran bulan ramadhan, bulan suci bulan yang penuh rahmat. Karena bulan suci semakin dekat, penting agar kita menyelesaikan semua hal yang mungkin bisa mengganggu ibadah kita di bulan ramadhan. Di bulan ramadhan, ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Kita harus memperbanyak ibadah saat ramadhan. Selain berpuasa wajib, kita juga harus melaksanakan sholat tarawih yang hanya ada setahun sekali. Kita pun harus tadarus dan melakukan beberapa ibadah lainnya untuk menambah keimanan. Walaupun bulan ramadhan datang setahun sekali, terkadang kita masih bingung apa saja yang harus dilakukan menjelang ramadhan. Nah, bagi kamu yang bingung bisa simak daftar berikut ini!

1. Selesaikan semua tanggung jawab ibadah yang tertunda

Jika kamu melewatkan puasa selama Ramadhan sebelumnya, maka bayar dulu sebelum ramadhan selanjutnya tiba. Jika Anda tidak mampu (karena alasan seperti kehamilan, perjalanan, penyakit, dll.) Maka sebaiknya membayar Fidyah, yang merupakan kompensasi untuk tidak berpuasa. Dimana kamu harus memberi makan orang miskin. Fidyah tidak berlaku untuk orang miskin dan orang-orang yang masih sehat.

2. Buat Niat

Agar bisa mencapai sebuah tujuan, kita harus meluruskan niat. Persiapan menjelang bulan ramadhan adalah memantapkan niat untuk beribadah di bulan ramadhan. Kita harus selalu melakukan segalanya dengan harapan menyenangkan Allah, dan tidak ada yang lain. Demikian pula, kita harus membuat niat bahwa kita menyambut dan menikmati bulan Ramadhan ini dengan tujuan berpuasa untuk Allah dan melakukan semua perbuatan baik hanya untuk Allah saja.

3. Bersihkan Rumah

Langkah selanjutnya adalah membersihkan rumah. Tujuannya agar tidak banyak pekerjaan yang kamu lakukan saat bulan ramadhan. Selain itu, menjaga kebersihan rumah bisa menghindarkanmu dari penyakit. Sisihkan satu hari untuk membersihkan rumah secara lengkap. Kamu juga bisa mengumpulkan beberapa pakaian bekas dan barang-barang yang akan di berikan untuk amal selama bulan Ramadhan.

4. Berbelanja

Kita semua gembira dengan Idul Fitri, bahkan sebelum Ramadhan dimulai, tapi jangan sampai itu menjadi fokus utama kamu selama satu bulan. Tambahkan belanja ke bagian atas daftar persiapan persiapan menjelang Ramadhan. Dapatkan pakaian dan diskon kamu, sehingga bisa fokus untuk mendapatkan hasil maksimal dari bulan suci. Hal ini juga merupakan ide bagus untuk berbelanja bahan makanan Anda sekitar seminggu sebelum Ramadhan dimulai. Jelas, kamu tidak bisa menyimpan buah dan sayuran segar selama sebulan penuh. Tapi kamu bisa membeli dan menyimpan banyak bahan lain seperti kacang kering, tepung terigu, gula pasir, minyak, dll.

5. Kunjungi Dokter

Hal lain yang perlu ditambahkan ke daftar persiapan menjelang bulan ramadhan adalah kunjungan ke dokter. Jika kamu memiliki beberapa masalah, diskusikan dengan dokter. Dengan begitu kamu akan mendapatkan kesehatan selama bulan ramdhan dan kamu bisa berkonsentrasi penuh untuk ibadah. Jika memiliki penyakit seperti kolesterol, diabetes, atau tekanan darah tinggi, maka kamuharus mengunjungi dokter Anda juga. Jika kamu harus minum obat, dokter bisa memberi tahu kamu bagaimana cara mengkonsumsi obat selama puasa.

6. Kosongkan Jadwal Kamu

Jika kamu makan siang bersama pacar atau malam mingguan bersama teman-teman, sebaiknya kamu membatalkannya selama bulan Ramadhan. Pastikan apa pun yang perlu dilakukan sudah diurus, dan apapun yang bisa kamu redam sampai setelah Ramadhan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Akibatnya Saat kamu Memutuskan Hubungan Dengan Dia

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Segera Belajar Bahasa Asing