in

Kamu Harus Tahu! Inilah Fakta dan 10 Gejala Depresi Yang Sering Terjadi

gejala depresi

Warwir.com Depresi seringkali dianggap sebagai satu kondisi yang akan menimpa diri seseorang dikala masalah mendera. Kesedihan yang teramat sangat selalu dikait-kain dengan depresi. Tapi, apakah yang sedih itu selalu depresi? Sobat WarWir pernah mengalaminya?

Sebenarnya sedih bukan berarti depresi. Semua orang termasuk kamu dan penulis pun, pasti juga pernah mengalami satu peristiwa yang menjadi penyebab hati bersedih. Nah, agar lebih tahu apa itu depresi dan apa gejala depresi yang sering terjadi. Yuk, kita ulas selengkapnya di artikel kali ini.

Apa Itu Depresi?

Depresi sendiri adalah sebuah gangguan psikologi yang menyebabkan penderitanya mengalami satu kondisi dimana ia merasakan sesuatu yang bahkan lebih dari sekedar kesedihan biasa.

Depresi sangatlah berbahaya, karena kehadirannya dapat mengganggu kehidupan sosial seseorang. Bahkan pada titik tertentu bisa sampai mengubah cara pandang seseorang dalam menyikapi satu perkara. Hingga akhirnya mereka tidak akan mampu lagi berfikir jernih, serta akan menghalalkan segala untuk melepas kesedihan yang dirasakan.Fak

Penyebab Depresi

1. Faktor Organobiologis

Terjadi ketika neurotransimer di organ otan mengalami ketimpangan atau tidak seimbang.

2. Faktor Psikologis

Dampak dari interaksi sosial terutama dari diri sendiri.

3. Faktor Sosiologis

Akibat dari peristiwa di luar kehidupannya yang mengganggu psikologinya. Seperti saat seseorang putus hubungan, kehilangan keluarga, harta benda, atau korban kejahatan.

Gejala Depresi yang Sering Terjadi

1. Merasa Tertekan

Bisa dilihat dari perilaku sehari-hari, ketika seseorang tampak murung, pandangan kosong, takut dengan dunia luar. Dan kondisi tersebut diatas berlaku dalam jangka waktu yang lama atau dalam kesehariannya.

2. Gelisah

Selalu merasa tidak aman, bahkan ketika hanya dipandang oleh orang lain.

3. Bad Mood Berkepanjangan

Orang yang mengalami kondisi depresi, biasanya akan menampakan gejala depresi seperti hilangnya minat untuk melakukan suatu aktivitas. Bahkan ini juga berlaku untuk aktivitas yang sebelumnya sangat disenangi, atau hobi yang yang selalu dilakukan tiap hari.

4. Kelambatan Psikomotor atau Hilang Fokus

Kamu yang sering melamun, waspada! melamun adalah salah satu tanda dari melambatnya psikomotor dan hilangnya konsentrasi. Sedangkan kondisi tersebut adalah salah satu dari gejala depresi yang sering terjadi.

5. Insomnia

Susah tidur, bahkan kalau akan tidur selalu membayangkan yang tidak-tidak. Ini juga salah satu gejala depresi, apalagi jika disertai dengan kegelisahan ketika malam datang.

6. Hypersomnia

Adalah kebalikan dari Insomnia. Seseorang yang mengalami gejala depresi hypersomnia akan malas melakukan apapun, yang ada setiap hari cuma ngantuk saja.

7. Kehilangan Stamina

Ini adalah buntut dari gejala depresi pada poin sebelumnya, yakni insomnia maupun hypersomnia. Orang yang kurang tidur sudah pasti akan kehilangan tenaganya. Begitu juga orang yang terlalu banyak tidur dan selalu mengantuk.

8. Berat Badan Turun Drastis

Ini juga termasuk efek dari gejala depresi yang telah kita sebutkan sebelumnya. Dimana pola hidup yang semakin memburuk karena pikiran yang kalut, hingga akhirnya kesehatan tubuh pun tak sempat dipikirkan. Hasilnya adalah berat badan yang turun dengan signifikan, misalnya dalam satu bulan BB turun lebih dari 5% dari asal.

9. Merasa Kotor atau Tidak Berharga

Perasaan sesal karena peristiwa yang telah dialami sebelumnya. Ini menyebabkan terguncangnya pikiran seseorang hingga akhirnya ia merasa jika hidupnya sudah tak berguna. Pada kondisi tersebut, pucak keparahannya adalah terjadnya delusi.

10. Merasa Lelah Hidup

Nah, jika sudah sampai pada poin kesembilan sat itulah akal tak lagi bisa digunakan. Gambaran-gambaran yang ada di otak mulai abstrak. Dari sinilah biasanya seseorang yang depresi akan merasa mendapatkan seperti ‘bisikan-bisikan‘. Yang mereka anggap bisikan itu sebenarnya adalah gambaran psikis mereka yang sudah mulai tak beraturan dan sulit dikendalikan.

Nah, itulah tadi gejala depresi yang juga bisa menjadi satu tahapan dimana seseorang yang mengalami kondisi tersebut akan berada di puncak kekalutan pikirannya.

Ihh.. Ngeri ya sobat WarWir! Udah deh mulai sekarang yuk kita yang santai-santai saja, jangan kita terlalu berlebihan ketika menghadapi satu masalah. Jika dirasa sudah tak sanggup menyelesaikan, lebih baik pasrahkan saja sama Tuhan. Bukankah Dia tidak akan memberikan ujian yang melebihi batas kemampuan hamba-Nya?! Satu motivasi buat kamu yang mungkin sedang mengalami satu maslah dalam hidupmu, TETAP SEMANGAT & JANGAN MENYERAH!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kisah romantis rasulullah

Menengok Kisah Romantis Rasulullah Kepada Istri

aksi teror bom surabaya

5 Kisah Heroik Para ‘Pahlawan’ Saat Terjadi Aksi Teror Bom