in

5 Tips Ampuh! Cara Menjaga Konsentrasi dan Anti Gagal Fokus

Tips Menjaga Konsentrasi

Warwir.com – Hilang konsentrasi dan gagal fokus adalah kendala utama setiap orang saat melakukan aktivitas apapun. Apalgi ketika kondisi ini datang saat kamu sedang dikejar target pekerjaan yang harus secepatnya rampung. Benar-benar bikin kesel ya!

Hal ini terjadi pada setiap orang, tanpa terkecuali. Siapapun pasti pernah mengalami ketika tiba-tiba konsentrasi hilang sekejap dengan dan tanpa alasan. Tapi, jangan khawatir karena kondisi tersebut sebenarnya bisa dicegah kok!

Bagaimana caranya? Simak ulasan kami berikut ini!

Cara Menjaga Konsentrasi

1. Selesaikan dulu satu tugas

Jangan terlalu sering merangkap pekerjaan atau nyambi, kalau tidak dalam kondisi kepepet saja. Aktivitas ini bisa juga kita sebut dengan multitskin, yaitu melakukan dua atau lebih pekerjaan dalam satu waktu. Ya, memang keliahatannya dengan cara ini kamu akan lebih cepat menyelesaikan semua pekerjaan. Tapi sebaliknya, konsentrasi kamu akan terpecah dan terbagi-bagi.

Mulai sekarang stop multitasking dalam menyelesaikan pekerjaan kamu, demi menjaga konsentrasi agar tetap fokus. Kalau kamu fokus ke 1 perkerjaan dulu, tentu kamu akan lebih cepat menuntaskannya dan bisa lanjut ke tugas yang lain.

Multitaskin disini termasuk melakukan pekerjaan sambil mendengarkan musik loh! Terutama bagi kamu yang bekerja dengan membutuhkan konsentrasi pikiran seperti mengetik artikel misalnya, suara musik terkadang juga akan mengganggu lajunya pikiranmu saat merangkai kata-kata.

2. Banyak Minum Air Putih

Dehidrasi juga menjadi penyebab utama yang membuat otak sulit untuk fokus loh, sobat Warwir. Dan tentunya kamu sudah tahu kan apa itu dehidrasi serta penyebabnya?

Ya! Dehidrasi adalah kekurangan cairan di dalam tubuh, penyebabnya karena kurang minum air putih. Kamu pernah melihat sebuah iklan air minum kemasan yang dialognya kayak gini kan,”Anda butuh anoa?” Nah, seperti itulah kira-kira gambaran orang yang gagal fokus karena kurang cairan/dehidrasi.

3. Biasakan Istirahat 1 Jam Sekali

“Kalau banyak istirahat kapan selesainya?”

Lah, istirahatnya ya bukan yang sampai tidur berjam-jam gitu. Cukup 5 menit saja, untuk sekedar minum air putih atau seruput kopi. Nah, cara ini berguna untuk sejenak me-refresh pikiran dan menjaga vitalitas otak kamu yang otot-ototnya tegang.

4. Tidurlah Sewajarnya Manusia

Waktu tidur seorang manusia yang sangat ideal adalah 8 jam setiap harinya. Nah, kamu yang ingin memiliki tingkat konsentrasi tinggi hendaknya menaati aturan yang sudah terbentuk secara alami tersebut. Jangan sampai kamu menambah atau mengurangi waktu tidur. Mengurangi waktu tidur adalah satu rutinitas yang tidak baik bagi tubuh, serta mengganggu kelancaran konsentrasi.

Sesibuk apapun kamu, sebanyak apapun tugas yang harus kamu selesaikan, sebaiknya tetap taat dan menjaga pola tidur 8 jam sehari. Begadang dengan maksud menyelesaikan semua tugas secepatnya bukanlah keputusan yang bijak. Kalau kamu tetap memaksakan aktivitas tersebut bukannya cepat selesai, yang ada justru hasil pekerjaanmu akan acak-acakan. Percaya deh!

5. Latihan Meditas/Olah  Nafas

Jangan menghubungkan meditasi denagn satu kegiatan yang klenik atau bersinggungan dengan supranatural. Meditasi adalah salah satu kegiatan mengolah nafas yang sangat ampuh untuk melatih konsentrasi kamu.

Latihan meditasi ini akan membantu kamu agar terbiasa memusatkan pikiran pada satu titik tujuan. Coba praktekkan latihan meditasi ini denagn rutinitas yang instens, maka kamu akan merasakan hasilnya.

Demikian tadi sobat Warwir.com, 5 cara menjaga konsentrasi agar tetap fokus. Semoga tips dari kami bermanfaat dan membantu kamu agar lebih bisa konsentrasi saat melakukan pekerjaan apapu.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tips mendinginkan kamar

Tips Mendinginkan Kamar Tanpa AC, Emang Bisa?

6 Jurus Belanja Cerdas

Belanja Hemat dengan 6 Jurus Belanja Cerdas