in

Cute

Kamu Difitnah? Tenang dan Praktekkan 7 Tips Menghadapi Fitnah

Warwir.com – Fitnah adalah satu tindakan yang dilakukan untuk menjatuhkan seseorang dengan membuat satu fakta palsu, agar bertujuan untuk menyematkan stigma negatif pada orang yang ditargetkan. Setidaknya itulah penjelasan singkat mengenai apa itu fitnah menurut Wikipedia.

Fitnah merupakan satu perbuatan yang sangat keji. Bahkan saking buruknya, untuk menggambarkan hal itu ada satu ungkapan yang pasti sering kita dengar, yaitu “Fitnah lebih kejam dari pembunuhan.”

Lalu, gimana kalau kamu yang jadi korban fitnah seseorang? Jangan khawatir, coba lakukan 7 cara menghadapi fitnah ini untuk menganggulanginya!

Cara Menghadapi Fitnah

1. Keep Calm

Tetap elegan, tenangkan hatimu dan jangan tergerus dengan gelombang emosi yang terus saja menghantam dada. “Lah, gimana bisa sabar kak, fitnahnya udah keterlaluan.” Ya, namanya fitnah sekecil apapun tetap satu tidakan yang ‘Terlalu’, kalau kata Bang Haji.

Tapi, ketenangan yang kamu lakukan ini adalah satu-satunya senjata ampuh yang pertama kali haruas kamu pakai. Ketika ada seseorang yang memfitnahmu di depan umum, ketenangan ini yang akan menjadi beteng terdepan untuk menghalau stigma negatif yang ditujukan ke kamu.

2. Jelaskan ke orang yang tanya ke kamu tentang fakta yang sebenarnya

Semampu kamu dan tanpa emosi tentunya! Diterima atau tidak, dia percaya atau tidak percaya itu urusan belakangan, yang penting kamu telah berusaha mengatakan kebenaran.

Kalau tidak ada orang yang tanya ke kamu tentang masalah tersebut, ya kamu jangan buka omongan. Justru mereka akan curiga kalau kamu melakukannya. Bisa-bisa mereka malah berfikir kalau fitnahan itu benar adanya.

3. Tanyakan apa maksud si pembuat fitnah

Hal ini perlu kamu lakukan jika memang benar-benar tahu siapa pelaku dibalik menyebarnya berita bohong tersebut. Jika masih samar, jangan samapi kamu menebak-nebak, karena justru akan membuatmu terjebak melakukan fitnah jika tuduhanmu tidak benar.

4. Introspeksi

Berkacalah, apa yang salah dengan sikapmu? sifatmu? tindakanmu? mungkin ada satu kelakukanmu yang menyakiti hati orang lain. Sehingga orang yang merasa kamu sakiti dendam, dan membuat berita hoax itu.

Introspeksi diri bukan berarti kamu harus menyalahkan dirimu sendiri. Cobalah sesaat merenung, bukan menyesali. Renungi kehidupanmu selama ini, rasakan nikmat Tuhan yang telah kamu terima, agar hatimu terhindar dari amarah dan dendam.

5. Maafkan orang yang telah memfitnahmu

Dendam dan kemarahan tidak akan menyelesaikan masalah. Sikap seperti itu justru akan membuat hidup kamu berantakan. Jika itu terjadi, si penyebar fitnah justru akan bersorak karena merasa menang telah bisa membuat kamu jatuh.

Lupakan semua fitnah yang menimpamu, maafkan dia yang telah menyebarkan fitnah kejam untukmu. Sebaik-baiknya orang adalah yang mau memaafkan orang sebelum orang itu meminta maaf terlebih dahulu.

6. Jadilah orang yang lebih berkualitas

Teruslah berusaha untuk meningkatkan kualitas dirimu. Jadikan fitnah yang mendera hidupmu sebagai motivasi agar kamu bisa menjadi sosok yang lebih bermanfaat bagi orang lain. Dengan demikian, secara tak langsung kamu telah membuktikan kepada orang-orang yang termakan fitnahan itu bahwa kamu bukanlah seperti yang mereka bayangkan.

Perlahan-lahan mereka akan melupakan berita bohong tentang dirimu. Dengan segala kebaikanmu, justru mereka akan berbalik arah. Tak lagi stigma buruk yang mereka lihat di dirimu, melainkan semua kebaikan yang pernah kamu berikan kepada merekalah yang akan selalu diingat.

7. Mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa

Sebaik-baiknya pengadilan adalah pengadilannya Tuhan, sebaik-baiknya hakim adalah Tuhan Yang Maha Adil. Maa serahkan semua pertimbangan baik dan buruk hanya kepada-Nya.

Sebenarnya cara menghadapi fitnah itu sederhana sekali, bukan? Jangan kamu simpan sendiri, bagikan tips ini ke teman-temanmu agar mereka juga tahu apa yang harus dilakukan ketika sedang menghadapi fitnah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tips pdkt cowok pendiam

Eh Mbak! Tau gak, Gini Nih 7 Cara PDKT Sama Cowok Pemalu

tips mendinginkan kamar

Tips Mendinginkan Kamar Tanpa AC, Emang Bisa?