in

Cara Mengembangkan Self Talk Positif Dengan Baik

Warwir.com – Apa kamu pernah berbicara pada diri kamu sendiri? Pada saat sedang sendirian atau pada saat mengalami sebuah permasalahan yang membuat kamu berbicara pada diri sendiri untuk menemukan jalan keluar dari kondisi yang kamu hadapi. Hal ini biasa disebut dengan Self Talk. Ada dua macam Self Talk yang harus kamu ketahui, yaitu Self Talk positif dan juga Self Talk negatif. Self Talk negatif biasanya muncul akibat ketidak puasan terhadap sesuatu. Self Talk negatif ini juga hampir sama dengan mengeluh. Hanya saja, keluhan ini dilontarkan kepada diri sendiri. Meski pun hanya dilontarkan pada diri sendiri, tapi Self Talk negatif mampu mempengaruhi hidup kamu. Sehingga lebih baik kamu mulai belajar untuk mengembangkan Self Talk positif. Lalu bagaimana cara mengembangkan Self Talk positif?

Semua orang, hampir setiap hari pernah melakukan Self Talk, mulai dari mereka bangun tidur hingga tidur kembali. Contohnya saja, ketika kamu bangun terlambat maka kamu akan bereaksi seperti ini.

“Gawat! Sudah jam berapa ini? Aku bisa telat pergi ke Sekolah.”

Kalimat tersebut merupakan salah satu contoh Self Talk biasa yang dilakukan ketika menghadapi sebuah kejadian.

Sementara Self Talk negatif adalah percakapan yang terjadi pada dalam diri kamu yang mengatakan bahwa kamu tidak bisa, tidak sanggup, akan gagal atau pun pecundang.

Self Talk negatif ini biasanya muncul ketika kamu hendak melakukan sesuatu atau hal baru yang cukup penting bagi hidupmu. Misalnya saja, ketika kamu ingin memulai sebuah bisnis online, maka Self Talk negatif kamu akan menuntun kamu untuk berbicara pada diri sendiri bahwa kamu tidak akan berhasil melakukan hal tersebut. Hal ini disebabkan karena kamu seseorang yang payah sehingga tidak berbakat dalam memulai bisnis online.

Jika kamu terpengaruh pada Self Talk negative yang kamu kembangkan, maka kamu akan mengurungkan niat untuk memulai bisnis online.

Untuk itu, sangat penting bagi kamu mengembangkan Self Talk positif. Cara mengembangkan Self Talk positif pun sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu optimis dan mengatakan pada diri kamu sendiri bahwa kamu bisa melakukannya atau pun mampu melalui kondisi krisis yang sedang kamu hadapi.

Jika kamu ingin mengembangkan Self Talk positif, kamu tidak boleh mengatakan kata “Tidak”. Sebaliknya kamu harus mengatakan “Kamu Bisa” pada diri kamu sendiri.

Hal tersebut dapat membangun kepercayaan diri kamu sehingga kamu mampu tersugesti dan menjadikan Self Talk positif kamu untuk meningkatkan semangat untuk menghadapi semua permasalahan di hidup kamu. Mulai dari masalah sepele atau pun masalah besar.

Intinya, cara mengembangkan Self Talk positif, kamu hanya perlu mengatakan “Iya” untuk semua kondisi yang sedang kamu hadapi dan hilangkan semua keraguan atau kemungkinan yang hanya akan menghambatmu.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inilah Gejala Computer Vision Syndrome yang Harus Kamu Tau

Kamu Seorang Pendiam? Begini Caranya Agar Punya Banyak Teman