in

Bijaklah Dalam Menggunakan Media Sosial, Ini 6 Hal yang Seharusnya Tidak Kamu Posting di Media Sosial

Media sosial telah memungkinkan kamu untuk berbagi pemikiran dan ide dengan ribuan orang asing, dalam hitungan detik. Apa yang kamu posting tersebut pun bisa dilihat oleh semua orang di penjuru dunia. Ketika kamu sudah menekan tombol “terbitkan”, maka curhatan, video, foto dan semuanya bisa dilihat oleh para folowers kamu. Oleh karena itu, kamu harus bijak dalam membagikan apapun di media sosial, terlebih tentang kehidupan kamu.

Karena berawal dari media sosial bisa membuat orang lain merasa iri, bahkan menjadikan orang lain berniat buruk pada kamu, penting sekali bagi kita membagikan  beberapa hal yang seharusnya tidak kamu posting di media sosial!

1. Konten yang menyinggung di media sosial

Ada begitu banyak jenis posting yang termasuk dalam kategori ini. Pelecehan rasial, gambar grafis, lelucon kasar, sumpah serapah, melecehkan agama dan semacamnya. Hindari membuat konten yang termasuk dalam kategori tersebut. Hal itu demi keselamatan dan kedamaian hidup kamu. Pergaulan di media sosial harus berhati-hati karena apapun yang kamu bagikan bisa dishare orang lain dan akhirnya bisa menimbulkan masalah bagi hidup kamu.

2. Gosip atau serangan terhadap orang-orang tertentu

Jika kamu terluka atau dirugikan dalam beberapa cara, kamu mungkin merasa dibenarkan untuk menyerang di media sosial. Namun, rasanya tidak dewasa kalau kamu mengungkapkan keburukan orang lain yang tidak kamu suka di media sosial. Karena kalau bisa mencemarkan nama baiknya dan mungkin bisa membuat mereka terpuruk. Tak hanya itu, bila gosip yang kamu bagi di media sosial tersebut tidak disertai bukti yang benar, bisa-bisa kamu disalahkan dan dilaporkan ke polisi.

3. Mengklaim konten orang lain sebagai milik kamu

Kapanpun kamu menggunakan konten orang lain tanpa kutipan atau sumber konten, itu bisa menjadi masalah serius. Ingat bahwa pelanggaran hak cipta adalah pelanggaran serius yang dapat menyebabkan tindakan hukum. Apalagi bila anda berbisnis di medsos, tentulah ada persaingan ketat. Itu juga dapat menyebabkan kerusakan serius pada merek kamu. Meskipun kamu dapat menyelesaikannya dalam jangka pendek, tapi itu tidaklah dibenarkan.

4. Berbicara negatif tentang rekan kerja atau atasan

Media sosial bukanlah tempat untuk menyampaikan keluhan terhadap teman atau rekan kerja. Ini juga bukan tempat untuk memberikan rincian spesifik tentang kesalahan yang dibuat oleh mereka, atau tentang seberapa buruknya bos kamu. Berbagi jenis konten ini di media sosial tidak hanya tidak profesional, dalam keadaan tertentu dapat menjadi alasan untuk tindakan hukum.

5. Berbagi spesifik tentang liburan atau perjalanan bisnis kamu yang akan datang

Berbagi gambar atau video dari perjalanan bagus, para pengikut kamu bisa tahu mencari referensi tempat liburan dan apa yang dilakukan. Namun, membagikan foto, video atau konten tentang liburan atau perjalanan bisnis kamu yang akan datang, bisa membuat pengikutmu berniat buruk. Jika ada orang yang iri atau dalam keadaan mendesak tahu rumah kamu saat itu kosong, dia bisa melakukan hal-hal buruk pada rumah kamu. Alangkah baiknya jika kamu membagikan konten tentang liburan atau perjalanan bisnis setelah selesai dilakukan saja.

6. Membagikan percakapan pribadi (tanpa izin)

Pernahkah kamu menerima email atau pesan pribadi dari seorang pengikut yang ingin kamu bagi ke pengikut kamu. Mungkin itu tips atau trik yang mengagumkan, atau mungkin itu adalah testimonial yang bagus tentang produk kamu. Namun, akan lebih baik bila kamu meminta izin tentang percakapanmu dengan orang lain atau testimoni mereka sebelum membagikannya ke khalayak umum. Pastikan kamu memiliki izin dari mereka agar tidak salah paham.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanda Bahwa Kamu Sudah Memiliki Kedewasaan Rohani

Inilah Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Khawatirkan Apa yang Dipikirkan Orang Lain Tentangmu