in

Berikut Nasehat Nenek Moyang yang Harus Kita Dengarkan

Warwir.com – Kamu pasti pernah mendengar kalau ibu sering mengatakan, kata orang tua kita harus ini  itu dan tidak boleh ini atau itu. Mungkin saat kamu diberitahu hal itu, sedikit melakukan pemberontakkan atau malah tidak mau menuruti nasehat tersebut. Tapi, setelah mengetahui akibatnya baru kamu paham tentang nasehat tersebut dan akan mengikutinya sebagai pegangan hidup. Kalau dipikir-pikir melaksanakan nasehat nenek moyang itu ada benarnya.

Bahkan tak jarang membuat hidup kita lebih bahagia. Dari kata-kata yang nampaknya ringan, tapi ternyata mengandung makna yang luar biasa bahkan bisa digunakan sebagai pedoman hidup. Sevagai generasi sekarang, kita juga tidak boleh melupakan nasehat-nasehat orang tua begitu saja. Tapi, ambil positifnya untuk hidup bahagia di nasa depan. Nah, berikut ini adalah nasehat nenek moyang yang ditinggalkan oleh banyak orang, padahal bagus untuk kehidupan!

1. Dekatilah orang baik agar memberikan dampak positif bagimu

Jika kamu berteman dengn orang baik, maka kamu akan mendapatkan dampak positifnya. Hal itu memang benar, tapi termasuk nasehat nenek moyang yang ditinggalkan. Ingat, lingkungan serta teman-temanmu merupakan cerminan dirimu. Kalau kamu ingin menjadi sukses dan selalu positif, carilah lingkungan yang memberikan kamu efek positif. Dekatilah orang-orang baik yang mengakui kelebihanmu dan menghargai kekurangan. Lingkungan yang bisa memberikanmu dukungan, inspirasi serta kasih sayang dalam setiap apapun yang kamu hadapi. Dengan begitu, kamu akan bisa mengembangkan bakat dan membuat hidup menjadi lebih berarti.

2. Ikhlaskan orang yang telah pergi

Nah, bisa dilihat sekarang ini banyak anak-anak mudah yang tidak melaksanakan nasehat “Ikhlaskan orang yang pergi dari hidupmu”. Kalau kita amati sekarang ini, banyak orang dewasa ataupun anak muda yang bunuh diri karena putus cinta. Padahal tindakan itu tidak bisa mengembalikan apa yang telah pergi, justru membuat hidup lebih hancur dan dilaknat Tuhan. Ketika orang yang kamu cintai pergi, maka ambil positifnya. Kamu bisa mengetahui bagaimana sifat aslinya, bagaimana tindaknnya ke kamu. Jadi, biarkan dia pergi karena bukan orang yang baik. Masih banyak orang-orang baik disekitarmu yang selalu mendukungmu.

3. Jangan menghakimi orang lain

Kamu sering mendengarkan pepatah “Jangan menghakimi orang lain” atau “Don’t judge a book by it’s cover”. Jangan menilai seseorang hanya dari penampilannya saja. Setiap orang memiliki kisah hidup masing-masih dan kamu tidak tahu tentang jalan hidup orang itu. Kamu belum mengenalnya, belum tentu dia seburuk yang kamu kira. Mungkin dia seperti itu karena ada alasan tersendiri. Sekarang ini justru banyak yang menyumpahi seseorang hanya karena sepatah dua patah kalimatnya. Seperti netizen dalam instagram atau facebook.

4. Hormati orang lain dan selalu berbuat baik kepada sesama

Hormatilah orang lain, orang yang lebih tua dan orang yang menghormati kamu, bahkan orang yang bersikap buruk terhadapmu. Mungkin beberapa orang bersikap tidak baik kepadamu. Namun, tetaplah menjadi yang baik, sabar dan jangan membalasnya. Dengan memperlakukannya baik, kamu membuktikan kalau kamu lebih bik darinya. Jika kamu membalasanya berarti kamu sama saja dengannya. Nasehat ini sering kita dengar, tapi kerap juga ditinggalkan oleh masyarakat sekarang.

5. Jadilah diri sendiri

Semua orang dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak ada yang sempurna. Begitu pula dengan dirimu, daripada menjadi orang lain alangkah baiknya menjadi diri sendiri. Temukan kelebihan, bakat, keunikanmu dan jadikan sebagai langkah untuk mencapai prestasi dan kesuksesan. Tak usah hiraukan mereka yang mencemooh dirimu. Biarkan saja, maju terus pantang mundur. Karena kesuksesan adalah milik orang-orang yang mau berusaha.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Benarkah Kebahagian Orang Lain Adalah Petaka Untuk Kita

Untuk Kaum Hawa, Inilah Kebiasaan Buruk yang Mesti Ditinggalkan