in

Berikut Liburan Cerdas Ala Mahasiswa Rantau

Warwir.com – Saat liburan tiba, sebagai mahasiswa kamu pasti sangat menyenangkan. Siapa sih yang tidak suka libura dari aktivitas yang padat. Terlebih lagi dosennya killer-killer, waktu liburan kuliah merupakan hal paling ditunggu-tunggu dan sangat menyenangkan. Bagi mahasiswa yang rumahnya dekat dengan universitas, akan lebih mudah dalam menentukan kegiatan pada saat liburan. Tapi, bagi mahasiswa rantau, liburan bisa menjadi konflik dalam hati.

Belum lagi kalau orang tua hanya mengirimkan uang yang pas-pasan, pastilah bingung mau apa saat liburan. Tapi, tak usah khawatir ada banyak akal untuk memanfaatkan waktu liburan. Bahkan mungkin kamu akan lebih senang. Kamu harus menyiapkan kegiatan liburan jauh-jauh hari, sehingga tidak bingung nantinya. Berikut liburan cerdas ala mahasiswa rantau!

1. Bekerja

Kamu bisa memanfaatkan waktu liburan untuk mencari penghasilan. Jika mungkin selama ini kamu mengandalkan kiriman uang orang tua, lebih baik mencoba untuk meringankan orang tua. Carilah pekerjaan yang sesuai bakat dan minat kamu. Tambah pengalaman sebelum memasuki dunia kerja sesungguhnya. Jika kamu suka desain, jadilah desain grafis atau kamu juga bisa menjadi sales atau memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Kalau kamu suka nulis, coba menjadi penulis konten website atau blog. Walaupun hanya singkat, tapi bisa mengajarkan bagaimana susahnya mencari uang. Kamu akan merasakan betapa berharganya gaji pertamamu. Selain itu, kamu akan mampu lebih berhati-hati dalam menggunakan uang.

2. Magang

Mahasiswa rantau harus lebih kuat dan cerdas, kamu bisa mengisi liburan dengan magang di kantor yang bergerak sessuai jurusanmu. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan, selain mengisi waktu luang, kamu juga bisa memperdalam ilmu yang kamu dapatkan saat kuliah. Sebab, kamu mempraktikkan langsung apa yang diajarkan oleh para dosen. Sebelum kamu magang, pilih dan tentukan dulu perusahaan mana yang bisa untuk magang. Cari kejelasan tentang perusahaan tersebut dan buatlah CV sebagus dan semenarik mungkin serta tunjukkan kalau kamu seorang yang profesional.

3. Memajukan Organisasi

Liburan cerdas ala mahasiswa rantau adalah tidak harus berfoya-foya atau ketempat yang membutuhkan biaya mahal. Tapi, mengisi liburan dengan memajukan organisasi. Setelah kamu memeras otak dan tenaga untuk tugas kuliah, sekarang waktunya meluangkan waktu untuk organisasi kamu. Rancanglah sebuah ide-ide baru yang kreatif dan inovatif demi kemajuan organisasi kamu. Pikirkan tentang semua anggotanya dan berkembanglang bersama. Dengan berorganisasi, kamu bisa menambah jangkauan pertemanan. Tahu lebih luas tentang tipe atau karakter orang dan membuat kamu terbiasa menghadapi situasi apapun. Itu sangat berguna bagimu di kemudian hari setelah selesai kuliah yang mana terjun langsung di dunia masyarakat.

4. Pergi ke tempat wisata terdekat

Kejenuhan, terkadang bisa membuat kamu stres. Maka, kamu bisa memanfaatkan waktu liburan dengan pergi ke tempat wisata terdekat. Carilah destinasi wisata yang tidak memerlukan biaya banyak kalau bisa yang gratisan. Dengan begitu, kamu tidak membebani orang tuamu.

5. Pulang Kampung

Jika ada uang yang cukup, liburan cerdas ala mahasiswa rantau yang tepat yaitu dengan pulang kampung. Daripada pergi ke tempat wisata menghabiskan banyak uang dan membebani orang tua, lebih baik kamu pulang ke rumah. Saatnya kamu melepas rindu kepada orang tua dan keluarga. Saat pulang kampung, kamu jangan hanya berdiam diri di rumah. Tapi, amalkan ilmu yang sudah kamu dapatkan di universitas dari dosen-dosenmu itu. Lakukan perubahan pada kehidupanmu dan buatlah dirimu maju.

Demikianlah Liburan Cerdas ala mahasiswa rantau. Selamat mencoba dan teguhkan tujuan kamu.

 

 

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Lagu Pilihan yang Cocok Buat Anak Rantau

Mahasiswa Harus Gondrong! Setuju?