in

Berikut Alasan Agar Kamu Tidak Menikah Muda

Menikah adalah fase besar dalam hidup. Dimana seseorang yang biasanya hanya memikirkan diri sendiri, setelah menikah harus memikirkan pasangan dan semua keluarga. Menikah bukanlah hal yang mudah, butuh pertimbangan matang. Karena jika tidak, pernikahan itu bisa gagal dan justru menambah masalah dalam kehidupan. Padahal setiap orang yang menikah ingin mencapai kebahagiaan dalam hidupnya.

Bagi kamu yang sudah lulus sekolah menengah atas atau SMA, pastilah sudah memikirkan tentang pernikahan. Namun sebaiknya tunda dulu, nikmati masa mudamu, masa lajangmu dan masa-masa bersama teman-teman dan keluarga. Ada banyak alasan mengapa kamu jangan menikah muda dan kamu perlu tahu itu. Nah, bagi kamu yang masih bimbang dengan usia menikah apakah menikah muda atau tidak, simak beberapa pernyataan berikut ini!

1. Butuh waktu untuk diri sendiri

Alasan utama agar tidak menikah muda adalah kamu masih butuh waktu untuk sendiri. Waktu menikmati hidup kamu dalam menemukan jati diri, menemukan passion dan menemukan pengetahuan baru. Kamu butuh mencari pekerjaan yang bisa menunjang masa depan. Kamu juga perlu waktu untuk bisa bergaya sesuai diri sendiri dan butuh waktu untuk memperdalam hobi. Hal itu tidak bisa kamu lakukan atau kamu raih jika kamu sudah menikah. Sebab, kalau menikah kamu akan sibuk dengan keluargamu.

2. Perlu banyak melakukan perjalanan

Bukan hanya menemukan pengalaman saja, tapi kamu juga butuh melakukan perjalanan yang menyenangkan dirimu. Terlebih jika kamu suka dengan travelling, capailah daerah yang belum kamu datangi. Temukan pengalaman travelling dan lakukan kegiatan menarik di tempat-tempat yang baru. Itu takkan bisa kamu lakukan ketika sudah menikah. Uang kamu tidak bisa digunakan untuk jalan-jalan, tapi malah untuk cicilan atau kebutuhan rumah tangga.

3. Butuh belajar mandiri

Sebelum kamu menggantungkan hidupmu pada pasangan, kamu juga harus bisa hidup mandiri. Karena tidak selamanya kamu bergantung pada suami atau istri. Adakalanya kamu harus melakukan semuanya sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu belajar mandiri. Jangan hanya merepotkan pasanganmu saja nanti setelah menikah.

4. Perlu waktu dalam mengembangkan karir

Fokus mengembangkan karir merupakan alasan penting mengapa kamu menunda menikah. Pengembangan karir memang tindakan yang wajib dilakukan oleh pria maupun wanita. Kamu harus tahu rasanya berada di puncak karir mengejar, tahu bagaimana usaha untuk mencapainya dan bagaimana mendapatkan reward yang bagus atas usaha tersebut. Pencapaian karir yang bagus tidak akan kamu dapatkan bila sudah menikah. Tindakanmu terbatasi atas pernikahan.

5. Bisa bebas bergaul bersama teman

Seperti yang disampaikan diatas menikah di usia mudah bisa membatasi kamu dalam bergaul dengan teman. Kebebasanmu dalam bergaul dapat dibatasi jika kamu menikah muda. Saat kamu menikah, mungkin pasanganmu tidak membiarkan kamu pergi tanpa dirinya. Nikmatilah waktumu untuk bersenang-senang dengan teman, berbagi cerita, bercanda tawa dan bergosip ria. Jadi, jangan buru-buru menikah ya!

6. Belum stabil secara finansial

Satu hal yang penting menjadi alasan kenapa kamu perlu menunda menikah yakni belum stabil secara finansial. Tidak bisa dipungkiri memang, finansial bisa menjadi masalah besar dalam pernikahan. Jangan sampai kamu menikah lalu bercerai karena finansial yang tidak stabil. Jangan sampai kamu berpisah dengan orang tercinta hanya karena uang. Pikirkan lebih dalam lagi tentang finansial.

7. Masih harus menyenangkan orang tua

Di dunia ini kamu hidup karena orang tua, ingat selalu hal itu. Kamu harus bisa membahagiakan orang tua terlebih dahulu sebelum menikah. Sebab, kalau sudah menikah kamu tidak bisa melakukan hal itu. Apalagi bagi wanita yang semuanya harus ijin pada suami. Jadi, takkan ada waktu lagi untuk membahagiakan orang tua.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hal yang Perlu Kamu Lakukan Menjelang Lulus Sekolah

Begini Cara Agar Orang Tuamu Bangga dan Senang