in

Benarkah Kebahagian Orang Lain Adalah Petaka Untuk Kita

Warwir.com – Mungkin diantara kita menganggap kalau kebahagiaan orang lain adalah  petaka bagi kita. Padahal sebenarnya tidak dan semua orang itu berhak untuk bahagia termasuk kamu. Namun, terkadang saat orang lain bahagia kita merasa iri dan tidak bisa menjaga diri agar memahami kondisi itu. Kebanyakan dari kita hanya memikirkan tentang kebahagiaannya saja bukan prosesnya. Kita tidak sadar kalau kebahagiaan itu diperoleh dengan usaha.

Dengan tidak menyadari kondisi merasa kalau orang lain itu selalu mengungguli dan ingin membuat kita merasa iri. Kita justru menyiksa batin, rasanya ingin membuat orang tersebut tidak bahagia. Dan bahkan bisa berbuat jahat kepada orang tersebut. Bila kita menyadari bahwa kebahagiaan orang lain itu hasil dari usahanya sendiri, maka kita bisa lebih lepas dan tidak akan mengganggu atau merenggut kebahagiaan orang lain itu.

1. Apa itu kebahagiaan?

Kebahagiaan merupakan sebuah rasa positif yang menggairahkan pada setiap manusai yang dirasakan oleh hati yang terdalam. Mungkin selama ini kita mencari kebahagiaan dengan cara yang salah, sehingga pada akhirnya berakhir ke kehidupan yang lebih menderita dibandingkan sebelumnya. Hal itu terjadi karena kita mencari diluar kemampuan kita, kita terlalu mengharapkan sesuatu yang melebihi kapasitas kita.

Rasa bahagia itu bisa didapatkan dari mana saja dan dimana saja. Misalnya seperti mendapat hadiah, makan enak, belanja banyak dan lain sebagainya. Kebahagiaan juga tidak bergantung kepada orang lai, tidak pada orang tua, anak-anak maupun teman-teman. Kebahagiaan datangnya dari diri sendiri, dari cara bagaimana kita membuat diri nyaman. Kebahagiaan bukanlah ditemukan dimana-mana, tapi dimana saja saat diri kita merasa nyaman.

2. Kebahagiaan itu datang dari Tuhan

Kebahagiaan datangnya dari Tuhan dan kita tidak berhak menggugatnya. Tuhan tahu mana orang yang pantas diberikan kebahagiaan dan mana yang tidak. Jadi, kebahagiaan itu bukan petaka bagi kita. Karena Tuhan memberikan kebahagiaan itu bagi orang yang tepat dan itu tidak pernah salah. Kebahagiaan juga bagian dari hikmah sebuah perkara. Sebelum kamu iri terhadap kebahagiaan orang lain, renungkan dulu hal sebelumnya yang telah dia alami. Jika mereka sudah kerja keras untuk meraih kebahagiaannya berarti pantas jika dia bahagia.

3. Kebahagiaan adalah perjalanan hidup

Perlu kamu ketahui bahwa kebahagian itu bagian dari perjalanan hidup bukannya tujuan. Dari mulai mengalami suatu kesedihan, kesengsaraan, keletihan hingga pada akhirnya sampai ke kebahagiaan. Bahagia bisa diungkapkan dengan tertawa atau bahkan menangis terharu. Seperti ketika mendapatkan nilai yang bagus setelah belajar rajin, naik jabatan setelah bekerja keras. Jadi, kebahagiaan itu bukan hal instan.

4. Bukan hanya saat ini tapi juga untuk masa depan

Kebahagiaan itu bukan hanya tentang saat ini, tapi juga untuk masa depan. Kalau saat ini kamu belum merasakan kebahagiaan, bukan berarti di masa depan tidak bahagia. Begitu pula dengan orang lain yang bahagia pada masa kini, belum tentu di masa mendatang dia bahagia. Jadi, anggapan kalau kebahagiaan orang lain adalah petaka bagi kita itu salah. Sebab, setiap orang mempunyai roda kehidupan masing-masing dan mempunyai masa untuk bahagian maupun sedih.

Jangan merasa tidak pernah bahagia, kejadian kecil yang kamu alami syukurilah. Baik itu berkumpul bersama keluarga, pergi ke pantai atau melihat keindahan alam. Ingat, kebahagian tidak didasarkan pada uang dan buatlah dirimu tidak mengukur kebahagiaan dengan uang. Bagaimanapun kondisinya kita bisa merasa bahagia asalkan pandai bersyukur.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ternyata Ini yang Dilakukan Oleh Mereka yang Bahagia

Berikut Nasehat Nenek Moyang yang Harus Kita Dengarkan