in

Beginilah Seharusnya Menyikapi Kekalahan

Warwir.com – Saat diri sedang berada di dalam kekalahan rasanya kecewa, lemas, menyerah dan merasa sangat sedih. Memang begitu banyak hal buruk yang akan kamu rasakan, tapi janganlah merasa dunia berhenti memihakmu. Kegagalan atau kekalahan adalah suatu proses dalam hidup, bukan akhir dari hidupmu. Kamu harus bisa menguasai dirimu dengan baik, jangan berpandangan sempit sampai akhirnya memutuskan bunuh diri.

Semua orang pernah mengalami kekalahan bahkan orang-orang yang disayang Tuhan. Jadi, kamu harus bisa kuat seperti mereka dan belajar dari cara mereka menyelesaikan akibat dari kekalahannya. Kamu tidak sendiri, banyak orang disekitarmu yang akan mendukungmu. Kekalahan justru bisa menjadi kondisi yang paling menguntungkan. Jika ingin lebih paham lagi tentang menyikapi kekalahan bisa simak ulasan di bawah ini!

1. Pelajari sebuah pelajaran

Gunakan kesempatan ini (ada kesempatan dalam kekalahan) untuk merenungkan apa yang baru saja terjadi. Apakah kamu kehilangan kesepakatan karena  tidak responsif terhadap sesuatu atau karena hal lainnya. Jadikan kekalahan yang kamu alami sebagai sebuah pelajaran untuk maju. Jika kekalahan itu disebabkan karena kamu tidak belajar atau berlatih, maka berarti kamu harus giat berlatih.

2. Coba lihatlah semua pencapaian kamu

Lihatlah semua hal baik yang pernah kamu capai. Jadilah optimis dan buatlah kepalamu di tempat yang tepat. Kamu mengambil risiko saat melangkah keluar dari zona nyaman dirimu. Jangan merasa tidak nyaman, kamu akan berhasil. Tetap positif, fokus dan bahagia. Persepsi positif kamu tentang sebuah situasi akan membantumu tetap optimis.

Setiap kegagalan membuat kamu selangkah lebih dekat dengan kesuksesan. Mainkan peluang dan ketahuilah bahwa sekarang mereka mendukung kamu. Jika kamu baru saja mengalami kekalahan, berarti itu bagus karena kamu semakin dekat dengan kesuksesan.

3. Lihat peluang di setiap kegagalan

Beberapa ide terbaik datang sebagai hasil dari kekalahan atau kegagalan. Carilah kesempatan untukmu saat kamu dikalahkan. Kamu akan bisa melihat celah kecil untuk mencapai kemenangan di masa mendatang. Setelah kamu melihat peluang, perbaikilah cara kamu berkompetisi. Gantilah caramu dengan sesuatu yang lebih cemerlang.

4. Carilah panduan dari para ahli

Selalu menjadi murid. Saat kekalahan menemuimu, carilah nasihat seseorang yang lebih bijak darimu. Gunakan kontak pribadi, kontak media sosial, blog, kelompok diskusi dan profesional di industri kamu untuk membantu menentukan apa yang salah. Mencari bimbingan profesional bukanlah tanda kelemahan, melainkan sebuah kerendahan hati.

5. Jagalah hadiahmu

Menetapkan tujuan adalah cara terbaik untuk mengatasi kekalahan. Mengetahui bahwa kamu akan mengalami kemunduran, penghalang pandangan dan beberapa rintangan di sepanjang jalan akan membantu kamu melihat masa lalu dan memungkinkanmu untuk fokus pada tujuan.

6. Bertanggung jawab dan jangan menyalahkan orang lain

Satu-satunya orang yang harus disalahkan saat kamu dikalahkan adalah dirimu sendiri. Ini bukan ekonomi, persaingan, rekan setim atau rekan kerja. Itu kamu. Inilah bagian terbaiknya, kamu mengendalikan dirimu sendiri dan tidak ada orang lain. Ambil langkah tepat dan terus maju.

7. Tetaplah dalam permainan dan jangan menyerah

Jika kamu kalah, maka jangan berhenti. Tapi, cobalah terus-menerus sampai kamu bisa. Misalnya hari ini kamu gagal dalam mengembangkan bisnis, maka cobalah terus dengan berbagai macam taktik dan seterusnya. Usahamu itu takkan sia-sia dan pasti membuahkan hasil memuaskan.

8. Terus berikan usaha terbaikmu

Apa pun layak dilakukan dengan benar. Berikan usaha terbaik kamu. Jika kamu tidak berpikir akan bisa memberikan usaha terbaik kamu maka, jangan mulai. Jika kamu hanya melalui gerakan tanpa berpikir maka, akan mengalami kekalahan lagi dan lagi, dan itu akan membawa kerugian pada dirimu sendiri. Berikan yang terbaik dan kekalahan akan sulit menjangkaumu.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berikut Adalah Tanda Bahwa Hidupmu Sudah Benar

Kebijakan Donald Trump yang Mempengaruhi Perekonomian Indonesia