in

Begini Cara Memulai Karier Yang Tepat di Usia 20-an

Saat lulus kuliah di usia 22 tahun, mungkin anda bingung bagaimana meniti karir agar bisa sukses di masa depan nanti. Setelah lulus kuliah, kamupun berharap mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan ketrampilan dan passion kamu. Tapi, terkadang tidak sesuai harapan. Justru ada yang menganggur atau bekerja seadanya lowongan saja.
Memang tidak mudah dalam mencari pekerjaan saat ini. Kamu perlu langkah kreatif dalam mencari pekerjaan dan berkarir. Kamu perlu trik untuk memulai karir yang berujung pada kesuksesan di masa depan. Kamu bisa ikuti cara memulai karir di usia 20-an berikut ini!

Lamar pekerjaan walaupun ada batasan usia 25 tahun
Bukan rahasia lagi, kalau para mahasiswa susah mendapatkan pekerjaan pertamanya atau first job. Sebenarnya, ada dua pilihan untuk itu. Pertama, pekerjaan entry level dengan rentang usia 23 – 25 tahun dan yang kedua seorang profesional dengan usia lebih matang dan berpengalaman.

Tapi, kamu belum masuk kedua kategori tersebut. Maka, lamar dulu yang entry level untuk mendapatkan pengalaman. Jika sudah bekerja, maksimalkan kinerja kamu di perusahaan tersebut. Dengan memaksimalkan kinerja, maka nantinya karir kamu naik seiring berjalannya waktu.

Perhatikan perusahaan startup
Bekerja di perusahaan besar, memang bisa menjadi kebanggaan tersendiri, tapi tidak ada salahnya jika kamu melirik perusahaan startup. Justru di perusahaan startup, kamu bisa lebih dihargai dan memaksimalkan keahlian kamu untuk mengembangkan perusahaan yang baru dibangun itu. Di perusahaan startup, kamu bisa berinteraksi langsung dengan atasan dan itu membuat kamu lebih bersemangat dalam bekerja.

Tak usah malu mengakui first jobber.
Jika memang belum pernah bekerja, tak usah malu untuk mengakuinya. Ketika mendapatkan panggilan wawancara, katakan saja kalau kamu belum pernah bekerja. Ceritakan apa saja kegiatan yang pernah kamu lakukan dan nantinya yang ingin kamu lakukan bagi calon tempat kerja kamu. Intinya, kamu harus percaya diri dalam setiap wawancara kerja.
Pengalaman organisasi bisa menjadi nilai plus.

Banyak perusahaan yang melirik mereka yang berpengalaman dalam organisasi. Jadi, dalam CV kamu, tuliskan organisasi apa saja yang pernah kamu ikuti dan apa jabatan kamu disana. Bahkan jika kamu mempunyai pengalaman freelancing pun bisa ditulis. Sehingga, perusahaan tahu kalau kamu memang pantas direkrut oleh mereka.
Minimalkan ekspektasi.

Selain itu, kamu juga minimalkan ekspektasi. Jangan terlalu muluk-muluk soal gaji, jabatan dan sebagainya. Intinya cari pengalaman dulu. Asalkan sudah digaji sesuai UMR kabupaten atau kota sudah cukuplah. Jika kamu mempunyai kinerja mumpuni, maka gaji akan naik sendiri.

Konsisten dan bekerja keras
Ketika kamu sudah mulai bekarir, kamu harus konsisten dan menjalaninya dengan penuh semangat. Tak peduli jabatan kamu yang paling rendah, pokoknya kamu harus menjalaninya dengan sepenuh hati. Jika kamu senang dalam bekerja, maka kamu akan memaksimalkan kemampuanmu saat bekerja.

Jangan pernah putus asa, terima kritik, saran dan pendapat orang lain. Gunakan kritik dan saran itu untuk membuat dirimu berkembang atau lebih baik lagi dari yang saat ini. Buatlah diri kamu mau belajar dengan hal-hal baru, menerima perubahan dan berbaur dengan orang-orang yang bisa memberikan pelajaran bermanfaat bagi kamu.
Bertemanlah dengan siapa saja.

Jadilah orang yang ramah dan mudah bergaul
Dengan sikapmu itu, kamu bisa mempelajari banyak hal serta akan mendapatkan banyak saran maupun pendapat untuk berkarir. Jika kamu mudah bergaul, kamu juga takkan sungkan bertanya saat tidak bisa.
Itulah cara memulai karir di usia 20-an. Semoga cara-cara tersebut bisa membawa kamu sukses berkarir.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enam Karakteristik Pablo Escobar yang Bikin Kagum

Bagi Kamu Yang Bergelut Di Bisnis Online, Begini Cara Promosinya