in

Apakah Kamu Seorang Introvert? Berikut Adalah Cirinya!

Warwir.com – Introvert biasa dianggap masyarakat umum sebagai sebutan bagi yang pemalu dan penyendiri. Padahal sebenarnya anggapan itu tidak selalu benar. Sebenarnya adalah introvert adalah seseorang yang nampak pemalu karena memproses sesuatu secara internal terlebih dahulu atau bisa dikatakan berpikir dulu sebelum mengambil tindakan atau berbicara. Ciri-ciri introvert salah satunya adalah tidak terlalu banyak bicara.

Mereka yang introvert biasanya menggunakan lobus frontalis yakni bagian otak yang tugasnya untuk merencanakan, mengingat dan memikirkan penyelesaian dari masalah. Menurut penelitian, orang introvert cenderung lebih suka melakukan dialog dalam diri sendiri dibandingkan mengungkapkan pada orang lain. Menjadi introvert bukanlah suatu hal yang memalukan, tapi jutru memiliki banyak kelebihan. Nah, berikut ini kita akan membahas tentang ciri-ciri introvert.

1. Sangat menikmati me time

Seorang yang introvert sangat menikmati waktu-waktu kesendiriannya. Dia sering berdialog dengan dirinya sendiri, mudah dalam berintrospeksi bahkan memikirkan sesuatu yang mendalam. Ketika mengalami sesuatu masalah, dia akan memikirkan solusi untuk mengatasinya. Bila orang lain   menggunakan waktu sendirinya untuk melamun, introvert justru memikirkan hal-hal yang bermanfaat.

2. Tidak suka pembicaraan ringan

Kalau kamu introvert, pasti takkan menyukai obrolan yang ringan. Kamu akan lebih suka membucarakan tentang sesuatu yang substantif seperti ide, teori, kehidupan maupun tujuan hidup. Walaupun begitu, introvert adalah pendengar yang baik. Kalau sudah terlanjur masuk dalam pembicaraan ringan, seorang intriovert kurang bisa terlibat. Namun, dia mampu membuat orang-orang nyaman.

3. Tidak suka dering handphone

Ciri-ciri introvert selanjutnya adalah tidak suka dengan dering handphone. Seorang introvert tidak nyaman ngobrol melalui telepon. Dia juga tak mudah dalam menerima telepon dari teman, sahabat bahkan keluarganya sekalipun. Dia sering merasa kalau dering telepon mengganggu konsentrasinya saat mengerjakan sesuatu. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa diajaknya ngobrol nyaman melalui telepon. Dengan orang tersebut sajalah dia biasa lama berbicara.

4. Selalu merasa keramaian bisa membuatnya gila

Jika kamu introvert akan merasa kalau keramaian bisa membuatmu gila. Kamu lebih senang komunikasi secara pribadi. Bukannya karena takut akan kerumunan orang, tapi karena merasa bahwa komunikasi pribadi dapat membicarakan sesuatu lebih dalam dan jelas. Jika sudah terjebak di keramaian, kamu rasanya ingin segera pulang saja.

5. Selektif bukan berarti anti-sosial

Mungkin banyak yang mengira kalau introvert itu anti bersosialisasi. Tapi, sebenarnya tidak kamu yang introvert pasti lebih berhati-hati dalam memilih pertemanan apalagi pasangan. Menjalani pertemanan dengan pelan dan tidak ingin langsung akrab, kamu ingin lebih mengetahui karakter teman tersebut. Jika tahu bagaimana sikap dan sifatnya serta merasa cocok, barulah menjadi akrab. Oleh sebab itu, introvert hanya bisa membuka dirinya kepada orang-orang tertentu yang bisa dipercayanya saja.

6. Tidak suka hangout dengan banyak orang

Tidak suka pergi bersama banyak orang dalam keramaian merupakan ciri-ciri introvert yang paling bisa dilihat. Kamu akan lebih senang menghadiri acara dengan dua atau tiga orang saja dibandingkan lebih dari 5 orang. Sebab, dengan begitu kamu bisa memperoleh intimasi. Jika bepergian dengan banyak orang, kamu merasa bahwa tidak ada yang memperhatikan atau menghiraukan kamu.

7. Cermat mengamati lingkungan sekitar

Kamu yang introvert, suka dengan mengamati lingkungan sekitar secara cermat. Kamu akan mendalami dan mencari tahu mengenai semua hal yang ada disekitarmu. Bahkan mungkin kamu suka memikirkan apa yang ada dipikiran orang lain. Walau kelihatannya diam, tapi ternyata tahu tentang semua hal yang ada disekitar. Kamu juga sering mencari jawaban dari pertanyaan yang ada dibenakmu.

Demikianlah ciri-ciri intriovert, sekarang kamu bisa menilai sendiri apakah dirimu seorang introvert atau tidak.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Tanda yang Melekat Bahwa Kamu Seorang Berjiwa Kreatif

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Berumur 18 Tahun