in

6 Tanda yang Melekat Bahwa Kamu Seorang Entrepreneur Sejati

young male business man giving a presentation at a meeting seminar at modern conference room on a table board

Warwir.com – Menjadi pengusaha atau entrepreneur itu susah bahkan sangat sulit. Dimana kamu harus bisa mengkombinasikan pengelolaan bakat, kreativitas, ide, uang Anda dalam beraktivitas. Namun, meskipun begitu ada banyak orang yang ingin menjadi entrepreneur. Orang-orang ingin memulai bisnis. Tapi tidak semua orang memiliki apa yang diperlukan. Proporsi dari mereka yang hanya ingin menjadi pengusaha akan selalu lebih tinggi dari pada sedikit orang yang benar-benar memulai bisnis.

Alasan sederhananya adalah bahwa tidak semua orang cocok dengan kerasnya kewiraswastaan. Jadi, bagi kamu yang berpikir untuk memulai bisnis, sebaiknya yakinkan dulu hati dan fokuskan pikiran. Tapi, sebelum itu ketahui tanda-tanda bahwa kamu cocok menjadi seorang entrepeneur sejati karena tidak semua orang terlahir sebagai pengusaha. Nah, berikut ini tanda-tanda seorang entrepreneur sejati!

1. Berani mengambil resiko

Memulai bisnis sendiri adalah risiko tersendiri. Bisa dikatakan jenis risiko yang dimiliki ​​hanyalah salah satu dari banyak tes bagi seorang entrepreneur. Dalam diri seorang pengusaha, dia takkan takut akan resiko, tapi malah menjadikan resiko sebagai langkah yang harus dihadapi untuk kemajuan hidup. Tak kenal takut menghadapi resiko yang datang sewaktu-waktu. Bila hal ini tertanam pada dirimu berarti kamu adalah seorang entrepreneur sejati.

2. Berpikir kreatif

Karakteristik seorang entrepreneur sejati adalah yang mempunyai pikiran kreatif. Hal ini mungkin sudah tercermin sejak kamu masih kecil. Coba, buka kembali ingatan kamu ketika di bangku SD mungkin. Saat itu kamu memiliki uang saku yang kecil, anak-anak biasa akan membelanjakan uangnya untuk beli mainan atau jajan.

Sedangkan kamu saat justru memutar otak mengembangkan uang saku. Misalnya untuk membeli kertas kado dan dikreasikan menjadi dompet yang lucu kemudia dijual ke teman-teman.  Nah, dari hal itu bisa dilihat bahwa kamu sudah terlahir sebagai entrepreneur sejati.

3. Tak hanya fokus pada nilai akademis

Bagi seorang entrepreneur, tidak hanya mementingkan nilai akademis. Memang perlu, tapi keahlian itu tidak hanya bisa ditempuh di sekolahan atau universitas. Justru pengalaman di lapanganlah yang menjadi guru terbaik dalam menghadapi tantangan. Kamu mungkin tidak ahli tentang pengetahuan alam, tapi sangat ahli dalam berhitung. Seorang berjiwa entrepreneur tidak akan ciut hatinya kalau mendapatkan nilai jelek dalam akademis. Dia malah fokus dengan sesuatu yang diyakini sebagai jalan hidupnya.

4. Berjiwa pemimpin

Kembali mengingat-ingat masa kecil kamu, dibangku sekolah dasar atau sekolah menengah mungkin. Apakah saat itu kamu ingin selalu menjadi pemimpin dalam beberapa kegiatan seperti ekstrakulikuler atau kelompok belajar. Apakah kamu juga sebagai pembuat keputusan dan apapun yang kamu katakan itu selalu disetujui semua teman-teman kamu? Selain itu, apakah kamu juga mempunyai perhatian lebih kepada teman-teman yang memerlukan bantuan? Jika benar begitu berarti kamu mempunyai jiwa pemimpin dan itu salah satu karakter entrepreneur sejati.

5. Pemberontak

Sikap entrepreneur sejati berikutnya adalah pemberontak. Memang kedengarannya agak seram, tapi memang begitulah adanya. Sikap pemberontak ini dicerminkan dengan kamu tidak suka dengan aturan yang ada dan cenderung ingin bebas. Saat kamu bekerja di perusahaan, mungkin mempunyai banyak ide untuk mengembangkan perusahaan. Namun, sayang beberapa orang dan lingkungan kamu justru menganggapmu sebagai pemberontak yang disingkirkan. Kalau benar begitu, kamu berjiwa entrepreneur sejati.

6. Suka belajar hal baru

Seorang berjiwa entrepreneur akan selalu senang belajar hal-hal baru. Tidak peduli sekecil apapun ilmunya, dia tetap berusaha untuk mempelajari sampai bisa. Apakah kamu begitu?

Nah, itulah tanda-tanda bahwa kamu seorang entrepreneur sejati.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Membahagiakan Diri Sendiri

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Merantau Sekarang