in

5 Kesalahan yang Umum Dilakukan Setelah Putus Ini Membuat Tidak Bisa Move On

Sebagian besar menganggap bahwa putus cinta benar-benar menghancurkan. Mungkin kamu merasa tidak akan bisa menghadapi dunia lagi, tidak bisa menikmati hari-hari bahagia lagi. Padahal sebenarnya hidup yang kamu jalani harus terus lanjut. Kamulah yang menentukan hidupmu sendiri bukannya mantan. Oleh karena itu, ketika kamu putus, kamu harus move on, terutama bila kesalahan bukan dari kamu.

Ada banyak jalan untuk bangkit, kamu hanya perlu mulai mengatur dirimu, mengendalikan emosi dan terima kenyataan bahwa hubunganmu sudah berakhir. Selain itu, kamu juga harus menghindari beberapa kesalahan di bawah ini jika ingin cepat move on dari mantan!

1. Jangan menguntit Facebook mantan

Penelitian menemukan bahwa melanjutkan kontak offline dengan mantan pasangan setelah putus cinta merugikan akan pemulihan emosional. Jika kamu terus membuka diri terhadap informasi tentang mantan secara online, kamu dapat mencegah diri dari pemulihan dari putusnya hubungan dan juga membatasi perkembangan diri kamu.

Kebiasaan seperti ini seringnya memantau halaman Facebook mantan, kamu justru bisa mendapatkan tekanan yang lebih besar. Kamu akan terus terbayang-bayang dengan mantan, kamu terus sedih dan lupa dengan aktivitas yang seharusnya kamu lakukan. Menguntit Facebook mantan hanya menyiksa dirimu, biarkan dia dan apapun yang dia lakukan.

2. Berhenti mengatakan bahwa mantan kamu sempurna

Kamu harus berhenti menganggap bahwa mantan kamu sempurna. Kamu harus berhenti melihat kebaikan-kebaikannya saja, tapi maafkan semua kesalahannya. Berhenti  memikirkannya karena ada banyak orang yang lebih baik darinya. Kamu harus bisa membawa otak dan hatimu jauh darinya. Tunjukkan bahwa dia akan menyesal karena sudah meninggalkanmu.

3. Jangan anggap putusnya hubungan kalian itu karena ada yang salah dengan kamu

Ini adalah poin yang sangat penting. Bagi kebanyakan orang, mereka menafsirkan perpisahan sebagai kegagalan di pihaknya saja. Itu merupakan hal buruk yang harus segera kamu buang jauh-jauh dari pikiranmu. Hindari menganggap putusnya hubungan kalian akibat dari kesalahan kamu. Kamu harus memahami situasi karena memang kalian harus putus. Hal itu terjadi bukan hanya karenamu tapi akibat dari kesalahan kalian berdua.

4. Jangan fokus pada seberapa buruk yang kamu rasakan

Jangan hanya fokus pada seberapa buruk apa yang kamu rasakan. Namun, pergilah keluar dan lihatlah mereka yang berhasil dengan baik menjalani perpisahan. Lihatlah mereka yang bisa move on setelah putus cinta. Jika kamu hanya memikirkan tentang perasaanmu saja, itu berarti membuang-buang waktu. Karena kamu akan terus meratapi atas kesedihanmu. Itu justru membuat kamu sulit keluar dari situasi tersebut.

Seberapa besar cinta yang kamu rasakan pada mantan, kamu mesti bisa mengendalikannya. Kendalikan rasa cinta tersebut dengan kegiatan positif. Pergilah traveling, tambah waktu bersama keluarga atau para sahabat kamu.

5. Jangan menolak untuk berbicara tentang perpisahan

Saat ada teman, sahabat atau keluarga yang membicarakan perpisahan, maka jawab aja dengan santai. Katakan kalau kamu sudah bisa move on dan dapat melanjutkan hidup lebih baik tanpa mantan. Kamu harus terima kenyataan kalau sudah berpisah. Kamu sekarang sendiri, tapi katakanlah kalau kamu lebih bahagia dari sebelumnya. Dengan kamu berani membicarakan perpisahan, pikiran dan hati kamu lebih lega.

Perpisahan memang bukan hal yang mudah, tapi kalau sudah terjadi mau diapakan lagi. Kamu harus menerimanya, membuang perasaan cinta pada mantan serta move on. Hidupmu tak berhenti disitu, masih panjang perjalanan kamu dan buatlah hidupmu bahagia.

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inilah Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Khawatirkan Apa yang Dipikirkan Orang Lain Tentangmu

Ingin Hubunganmu Awet? Inilah Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan