in

5 Kebiasaan Yang Bisa Bikin Emosi Kamu Lebih Stabil

5 Kebiasaan Yang Bisa Bikin Emosi Kamu Lebih Stabil - lifestyle.okezone.com

Untuk mengelola tantangan dan perjuangan hidup tanpa menyerah atau hancur, kita harus stabil secara emosional. Di sinilah kita menjaga keseimbangan dan kontrol emosional dalam situasi yang penuh tekanan. Stabilitas emosional adalah kebalikan dari neuroticism.

Kita terkadang berada dalam situasi di mana kita bisa merasa kewalahan oleh kesedihan, keputusasaan, kemarahan atau frustrasi. Kita mungkin ingin berteriak, menjerit, berkelahi, atau menjadi gila bahkan bunuh diri. Dalam situasi seperti itu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mencoba untuk tetap tenang. Berikut adalah beberapa cara untuk membiasakan diri dan menjadi stabil secara emosional!

Visualisasi Mental
Visualisasi mental adalah metode untuk membuat diri kamu memvisualisasikan sebuah perbuatan yang sama sekali berbeda dari apa yang kamu lakukan dalam hidup kamu. Jika kamu terjebak dalam argumen, kamu bisa mulai memvisualisasikan perbuatan yang tenang, tenteram, dan di mana kamu merasa memegang kendali penuh.

Jika kamu sedang berada di ujung penghukuman, kamu dapat secara visual memvisualisasikan kata-kata itu ke lagu favorit untuk mengalihkan pikiran dari kenyataan pahit. Dengan cara ini, kamu tetap stabil secara emosional.

Terapi Fisik
Terapi fisik adalah proses di mana kamu memusatkan indera kamu dan menjadi sadar akan lingkungan kamu. Kamu dapat mengalihkan fokus dari hal-hal yang membuat stress, ke hal-hal yang menenangkan. Terapi fisik juga melibatkan fokus pada suara. Jika kamu mendengar suara yang menenangkan di sekitar kamu saat keadaan penuh tekanan, maka kamu dapat fokus pada hal itu dan meninggalkan semua kebisingan.

Selain itu, kamu juga bisa terlibat dalam aktivitas fisik seperti latihan beban, jogging, berlari, atau berjalan santai juga dapat mengalihkan pikiran kamu dari situasi yang penuh tekanan dan membantu untuk mendapatkan ketenangan dan kendali emosional.

Lakukan Beberapa Hal Untuk Menenangkan Diri
Kita semua memiliki suara di kepala kita. Mereka memberi tahu kita tentang hal-hal yang sifatnya konstruktif atau destruktif. Jika kamu sedang dalam situasi yang menantang dan penuh tekanan, kamu dapat melakukan beberapa kegiatan untuk menenangkan diri.

Di sinilah kamu secara mental memberi tahu diri sendiri beberapa hal positif dan meneguhkan. Dorong diri kamu dengan berpikir bahwa meskipun menghadapi kesulitan saat ini, kamu sudah pernah menghadapi tantangan yang lebih besar dan selamat. Karenanya, kamu akan selamat dari ini juga. Menenangkan diri secara positif adalah cara yang sangat kuat untuk mengembangkan stabilitas emosi.

Peluk orang lain
Selama situasi yang penuh tekanan secara emosional, kita sering memiliki banyak energi yang terpendam. Itu memanifestasikan diri sebagai kemarahan, kesedihan atau frustrasi. Jika dibiarkan, ini bisa membuat kita melakukan tindakan kekerasan. Dalam situasi seperti ini, kamu bisa melepaskan kemarahan, kegelisahan itu hanya dengan memeluk orang lain.

Ketika tubuh kita berinteraksi satu sama lain, energi ditransfer dari satu ke yang lain. Memeluk dapat membantu mengurangi emosi terpendam sehingga menghasilkan disposisi yang lebih tenang dan stabil.

Meditasi
Meditasi adalah cara yang sangat efektif untuk membuat diri menjadi stabil secara emosional. Kamu dapat bermeditasi sambil duduk dalam posisi lotus yoga atau hanya duduk di kursi dengan punggung tegak dan tangan di pangkuan. Luangkan waktu untuk menyingkirkan pikiran kamu dari semua pikiran dan sadari detak jantung kamu. Tetap dalam kondisi meditasi ini selama sepuluh hingga lima belas menit sekaligus.

Langkah ini akan membantu menjernihkan pikiran dan hati kamu dari konflik yang menghasilkan stabilitas emosional. Selain itu, barengi pula dengan olah pernapasan. Menghirup napas dalam-dalam, lalu mengeluarkannya secara perlahan juga dapat membantu membuat emosi kamu menjadi stabil.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagi Kamu Yang Bergelut Di Bisnis Online, Begini Cara Promosinya

Kiat Membangun Hubungan yang Sehat dan Bahagia, Salah Satunya Respect Terhadap Pasangan