in

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Berumur 18 Tahun

Warwir.com – Banyak orang yang senang memasuki usia 18 tahun karena merasa sudah dewasa karena sudah lulus sekolah. Tapi, bagi sebagian orang justru merasa kalau di usai 18 tahun justru banyak tanggung jawab yang harus dipenuhi. Ketika kamu memasuki usia 18 tahun, itulah waktu yang tepat pencarian jati diri. Dimana kamu harus bisa mengendalikan dirimu dengan benar dan menempatkannya di tempat yang tepat.

Banyak yang berkata kalau umur hanyalah angka, sementara kepribadian seseorang ditentukan oleh cara bersikap. Hal itu memang benar, tapi tidak ada salahnya menjadikan umur sebagai pengukur diri dan kedewasaan. Salah satunya adalah mengukur cara berperilaku. Jangan sia-siakan umurmu yang ke-18 tahun. Nah, di bawah ini 5 hal yang perlu kamu lakukan saat berumur 18 tahun agar tidak salah langkah!

1. Berani berbicara dengan orang yang tidak dikenal dan bepergian sendiri

Jika sudah berusaha 18 tahun, kamu wajib berani berbicara dengan orang asing atau orang-orang yang tidak kamu kenal. Karena saat ini kamu sudah bukan lagi anak kecil yang harus ditemani setiap saat bertemu dengan orang asing. Ingat, di masa mendatang lingkunganmu terus berkembang, jadi mulailah bergaul dan jangan takut bertemu atau berbicara dengan orang banyak. Selain itu, kamu pun harus berani kemanapun sendiri. Ke kampus, supermarket, tempat kursus atau kemana saja yang bisa kamu capai sendiri.

2. Jangan tunda pekerjaan dan kerjakan sampai selesai

Belajarlah untuk bisa mengatur waktu sendiri. Jangan membiasakan diri untuk menunda pekerjaan dan bertanggung jawab pada tugasmu itu. Kamu bisa mulai membiasakan ini dari hal-hal kecil seperti pekerjaan di rumah, tugas kampus dan aturlah agar semua tugasmu bisa selesai. Tidak usah menunggu batas waktu pengerjaan, tapi selagi ada waktu luang kerjakanlah. Jangan bergantung dengan orang lain.

Ikut kerjakan pekerjaan yang ada dirumah kamu, baik laki-laki atau perempuan wajib terbiasa dengan pekerjaan rumah. Diantaranya seperti menyapu, mengepel, menyetrikan sampai merapikan ruangan. Hal ini membiasakan kamu agar bisa mandiri di kehidupan masa mendatang.

3. Mulailah untuk menyelesaikan masalah pribadi

Di usia 18 tahun yang berarti kamu sudah dewasa, maka harus bisa menyelesaikan masalah pribadi. Masalah memang bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja termasuk kamu. Karena itu, tangani dan selesaikan sendiri setiap permasalahan yang muncul. Jika menurutmu terlalu berat, mintalah saran dari orang tua atau orang yang kamu anggap bisa menyelesaikannya. Jangan hindari masalah, tapi hadapi dengan melakukan apa yang bisa kamu lakukan.

4. Dapat mengatur keuangan

Kamu mungkin akan berpisah dengan orang tua karena menempuh pendidikan yang lebih tinggi yakni kuliah. Untuk itu, sudah saatnya kamu mampu mengelola keuangan sendiri. Segala macam pengeluaran dan pemasukan, mesti bisa kamu tangani dengan baik. Hindari besar pasak daripada tiang atau besar pengeluaran daripada pemasukan. Kelola arus keuanganmu secara terencana.

5. Berani mengambil resiko

Setelah merasa dewasa, kamu harus berani mengambil resiko. Kamu harus bisa mengambil keputusan yang tepat atas dirimu sendiri. Semakin kamu berani mengambil resiko, semakin kamu mendapatkan banyak pengalaman. Ingat, kesuksesan diperlukan keberanian dalam menghadapi resiko. Selain itu, kamu juga mampu menghadapi segala kondisi. Dalam hidup ini tidak selamanya merasa nyaman. Roda akan berputar, dimana kita bisa diatas dan terkadang juga di bawah.

Nah, itulah 5 hal yang perlu kamu lakukan saat berumur 18 tahun.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apakah Kamu Seorang Introvert? Berikut Adalah Cirinya!

Berikut Adalah Kematian Tragis Orang-Orang Sukses