in

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Merantau Sekarang

Warwir.com – Kata merantau identik dengan jalan menuju kesuksesan dan memang tidaklah salah. Banyak kisah sukses dari merantau. Salah satunya dari Zhang Xin wanita Cina yang mempunyai kekayaan lebih banyak dari Donal Trump karena merubah nasib dengan merantau ke Inggris. Selain itu, ada Tadashi Yanai yakni pemilik Uniqlo yang berasal dari Jepang ini, dia mengawali kesuksesannya dengan merantau ke berbagai negara saat muda.

Sementara di Indonesia sendiri merantau sudah menjadi tradisi. Berbagai etnis, desa atau daerah berlomba-lomba datang ke daerah lain untuk merubah hidup mereka. Mungkin selama ini kamu bertanya-tanya kenapa sih mereka yang merantau kebanyakan sukses? Apakah benar dengan keluar dari daerah asalmu bisa mencapai keberhasilan? Jika ingin tahu alasannya, simak alasan kenapa kamu harus merantau sekarang!

1. Mendobrak zona nyamanmu

Jika sekarang kamu merasa nyaman dengan apa yang kamu lakukan, tapi belum mendapatkan keberhasilan atau kesuksesan, maka perlulah mendobraknya. Pergilah keluar untuk menantang dirimu, dengan semangat dan percaya diri maka bukan tidak mungkin akan berkembang. Buatlah diri kamu tumbuh, berani bertanya apapun untuk berusaha mencari informasi yang penting. Mungkin pertama kali akan sulit, tapi lama kelamaan justru menjadi hal yang menyenangkan.

Kamu tak lagi malu karena tempat rantau bukan asalmu dan orang-orang tidak tahu seluk beluk dirimu. Jadi, bisa lebih bebas berekspresi mengembangkan kekreativitasan. Selain itu, kamu tidak bisa bergantung pada nama orang tua, saudara atau yang lainnya. Tapi, benar-benar orang mengenalmu karena dirimu sendiri.

2. Menawarkan kesempatan yang luas

Tempat rantauan sangat menjanjikan karena menawarkan kesempatan yang lebih luas dan bervariasi. Kalau sebelumnya, kamu mungkin sulit mengembangkan industri kreatif di kota asalmu. Maka, pindahlah ke Jogja atau Bandung untuk mengembangkan bakatmu itu. Tapi, bila ingin menjadi eksekutif mudah, maka Surabaya dan Jakarta adalah pilihan tepat. Barangkali sekarang kamu ingin mengepak pakaian dan pindah dari kota asal karena tidak mendukung cita-cita kamu, carilah kota tujuan yang mendukungmu untuk sukses.

3. Belajar menjadi pribadi dengan daya juang tinggi

Mungkin selama di rumah yang tinggal bersama orang tua, membuat kamu serba mudah dalam mendapatkan sesuatu sehingga tidak perlu berjuang. Makan ada yang menyediakan, pakaian ada yang menyetrika bahkan uang tinggal minta dan rasanya hanya bersenang-senang saja. Meskipun terkesan menyenangkan, tapi lama-kelamaan membunuhmu. Karena disaat sudah tidak ada orang-orang disekitar kamu itu, maka kamu tidak bisa berbuat apa-apa.

Dengan merantau kamu akan memiliki daya juang tinggi untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Di tempat rantauan, kamu harus bisa berdiri di atas kaki sendiri tak ada yang dimintai bantuan dan kamu benar-benar merasakan perjuangan hidup yang sesungguhnya. Hidup menjadi lebih bersyukur dan hasil dari pekerjaan yang kamu lakukan akan lebih berharga.

4. Dapat bertanggung jawab atas diri sendiri

Semakin kamu berdiri di kaki sendiri, maka semakin dewasa dan pada fase ini kamu mampu mengatur mengendalikan diri sendiri. Kamu tahu kapan waktu pulang, bagaimana cara merawat diri ketika sakit sampai menentukan jalan hidup di masa depan.

5. Melatih diri untuk beradaptasi

Manfaat merantau yang bisa kamu dapatkan adalah mampu beradaptasi. Lingkungan baru akan memaksakan dirimu untuk menyesuaikan suasananya. Dimana, kamu harus belajar logat bahasanya, cara menanggapi orang-orang dan lain sebagainya. Kondisi ini membuat kamu beradaptasi terhadap kebudayaan baru dan itu menambah pelajaran dalam hidup.

Demikianlah 5 alasan kenapa kamu harus merantau sekarang. Lakukanlah dan semoga bisa sukses.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 Tanda yang Melekat Bahwa Kamu Seorang Entrepreneur Sejati

5 Akibat Jika Terlalu Lama Bermain Handphone