in

5 Akibat Jika Terlalu Lama Bermain Handphone

Warwir.com – Handphone saat ini bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga sebagai alat untuk menghasilkan uang dan untuk menghibur diri. Dengan menggunakan handphone smartphone, kamu bisa mengambil selfie atau berfoto, chatting dan eksis di berbagai media sosial serta bermain game yang menyenangkan. Karena aktivitas tersebut, makanya tak heran bila banyak orang yang kecanduan smartphone. Ada banyak sekali akibat terlalu lama bermain handphone.

Terlebih saat ini handphone semakin canggih dan dipenuhi berbagai aplikasi yang bisa diinstal dengan mudah. Meskipun begitu, kamu tidak boleh terus-menerus bermain handphone, meskipun handphone sekarang sudah dilengkapi fitur pengaman sekalipun. Sebab, ternyata banyak bahaya yang ditimbulkan karena perilaku buruk ini. Nah, kalau kamu berlebihan menggunakan handphone berikut ini kemungkinan 5 akibat terlalu lama bermain handphone!

1. Mata tegang

Ketika kamu asyik chatting, main game atau eksis di media sosial, rasanya tak ingin lepas dari handphone. Mata kamu ingin selalu menatap layarnya dan jika setiap hari seperti itu maka bisa menyebabkan mata lelah dan tegang. Selain radiasi handphone, kurang berkedip juga mengakibatkan mata menjadi tegang. Pada akhirnya bisa membuat berkurangnya daya pandang mata kamu. Itu bisa mengharuskan kamu mengenakan kaca mata untuk bisa melihat dengan normal.

2. Insomnia

Akibat terlalu lama bermain handphone berikutnya adalah insomnia. Tentu sudah tahukan dengan insomnia yakni kelainan tidur yang menyebabkan penderita sulit untuk tidur. Perlu kamu ketahui bahwa cahaya layar smartphone mengeluarkan radiasi yang bisa membahayakan mata. Dampaknya bukan hanya membuat mata lelah saja, tapi radiasi itu bisa menjadikan kamu sering gelisah. Lalu, mempengaruhi kondisi psikologismu dan selanjutnya membuat kamu menderita insomnia. Kalau sudah terkena insmonia, bisa saja aktivitas sehari-hari terganggu. Kamu akan sulit tidur dimalam hari dan keesokan paginya menjadi lelah terus, kurang bersemangat dalam bekerja.

3. Gangguan pada tulang belakang

Sudah tahukah kamu jika berat kepala manusia rata-rata 4-5 kg. Bagi kamu yang sering menggunakan handphone, pastilah akan menunduk. Nah, jika menunduk dalam waktu yang lama maka, bukan tidak mungkin menjadikan tulang leher beserta punggung menderita kaku-kaku. Kamu akan merasa sering pegal bahkan menjadi bungkuk, rasanya sakit digunakan untuk beraktivitas biasa. Jaga agar tulang belakang kamu tidak bungkuk, jangan kelamaan memandang atau bermain smartphone. Biasakan mulai sekarang ya!

4. Penuaan dini

Tidak hanya karena radikal bebas, penuaan dini juga bisa sebagai akibat dari terlalu lama bermain handphone. Pakar kulit menemukan bahwa terlalu lama menunduk karena bermain smartphone dapat mengakibatkan penuaan dini. Hal itu karena kulit leher, tulang leher bagian atas serta rahang melorot sehingga menimbulkan kerutan dini pada kulit. Jika ingin awet muda, kendalikanlah jangka waktu bermain handphone.

5. Kesepian

Dampak terburuk bermain smartphone adalah membuat kamu merasa kesepian. Dampak psikologis ini akan mempengaruhi kehidupan kamu sehari-hari. Dimana banyak orang yang tidak mau bersamamu karena kamu sering tenggelam di dunia maya smartphone. Itu membuat kamu merasakan kesepian. Saat sibuk bermain handphone, perhatian kamu hanya tercurahkan pada smartphone saja. Kamu lupa kewajiban sebagai anak, pasangan atau sahabat.

Jika tidak ingin terkena dari akibat buruk bermain handphone diatas, batasi penggunaan smartphone sejak dini. Kamu harus bisa melepaskan diri dari handphone. Kamu harus tahu kapan waktunya berkumpul dengan keluarga, belajar, bekerja dan lainnya. Gunakan handphone seperlunya saja seperti untuk membalas pesan, mencari informasi penting dan membahagiakan diri tapi dalam batas yang wajar.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by warwir

Penulis Tetap di Warwir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Merantau Sekarang

5 Tanda yang Melekat Bahwa Kamu Seorang Berjiwa Kreatif